Kajian bersama Ustadz Muhammad Yassir,Lc. membahas tema tauhid yaitu “Antara Takut Kepada Allah dengan Takut kepada Makhluk-Nya”. Takut  kepada Allah adalah suatu amalan ibadah dan ibadah ini adanya didalam hati. Orang lain mungkin tidak dapat melihat perwujudan dari amalan kita, namun dapat dirasakan oleh orang yang mengamalkannya didalam hatinya. Takut kepada Allah adalah salah satu dari rukun ibadah. Rukun ibadah ada tiga yaitu cinta, takut dan harap. Apabila seseorng memiliki tiga hal tersebut dalam ibadahnya maka sempurnalah ibadah yang dilakukannya. Dengan rasa cinta manusia terdorong untuk mencari amalan ibadah yang bisa membawanya ke surga Allah. Kemudian seimbangkanlah ibadah kita dengan rasa takut kepada Allah dan rasa berharap bahwa Allah akan mengampuni dosa yang telah kita lakukan.

Rasa takut kepada Allah merupakan suatu ibadah yang berarti ibadah ini bisa disusupi oleh kesyirikan apabila disalahgunakan. Karenanya takutlah kita pada su’ul khatimah. Su’ul khatimah bukan hanya kita mati dalam keadaan meminum khamr atau berzinah akan tetapi berhati-hatilah jangan sampai kita mati ketika kita sedang melaksanakan shalat tapi niat kita karena riya’. Allah tau apa yang ada dalam hati kita, maka ketika kita beribadah niatkanlah hanya untuk Allah. Tiga orang yang disebutkan akan pertama kali masuk neraka yang pertama adalah orang yang mati syahid, yang kedua adalah orang yang rajin sedekah dan yang ketiga adalah orang alim. Mengapa ketiga orang ini disebut sebagai orang yang pertama kali masuk neraka? Yang pertama adalah ia pergi berperang karena ia ingin dipuji sebagai orang pemberani dan ia mati dalam keadaan riya’. Kemudian yang kedua adalah orang yang bersedekah hanya karena ingin dipandang orang sebagai orang yang dermawan maka ketika ia meninggal Allah akan memasukkannya kedalam neraka. Yang ketiga adalah orang alim yang meninggal dikala mereka riya atas kealimannya. Lebih baik kita meninggal dalam keadaan biasa saja akan tetapi hati kita dalam keadaan takut kepada Allah.

Simak:   Kajian Umum: Wahai Yang Berselimut Bangkit dan Sampaikan

Allah memuji para nabi terdahulu yang mana mereka bersegera kepada kebaikan. Mereka berdoa dengan penuh rasa takut kepada Allah dan berharap kepada Allah, mereka tunduk kepada Allah. Rasa takut kepada Allah merupakan sifat para ulama. Keutamaan rasa takut kepada Allah adalah orang yang beribadah karena takut kepada Allah termasuk kedalam orang yang akan diberi naungan kelak diakhirat.

Topics #aqidah #takut kepada Allah #ustadz muhammad yassir