Dalam kajian bertema “Bahaya Riba Disekitar Kita” bersama Ustadz Dr.Erwandi Tarmidzi, MA. membahas betapa banyak dan bahaya riba disekitar kita tanpa kita sadari kita terjebak didalamnya entah karena ketidak tahuan atau bahkan kita menyepelekan riba. Riba merupakan permasalahan syariat yang tidak dapat langsung diketahui oleh sebagian manusia apakah itu berbahaya atau tidak. Syariat agama allah turunkan kepada para nabi dan rasul, maka tugas para nabi dan rasul adalah membawa kabar kembira serta mengingatkan manusia akan hal-hal yang merusak dalam kehidupan mereka didunia maupun di akhirat.

Diantara hal yang diingatkan para nabi dan rasul agar manusia menghindarinya adalah riba. Sayangnya riba tersebut adalah suatu hal yang bagi sebagian orang, mereka menyatakan bahwa ini adalah konsekuensi hidup dijaman modern. Sedangkan syariat Allah yang diturunkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam sesungguhnya tetap sesuai untuk dijalankan hingga diakhir jaman, syariat Allah tidak mungkin ketinggalan jaman sudah pasti sesuai untuk dijalankan dari jaman dahulu hingga jaman sekarang. Maka para nabi mengingatkan bahaya laten riba. Riba adalah penyakit dalam kehidpan yang telah diingatkan kepada manusia sejak jaman nabi Musa ‘Alaihissalam. Walaupun telah mengetahui bahwa riba itu haram sebagian orang menciptakan aturan-aturan baru untuk memperbolehkan riba. Mereka menggunakan istilah-istilah baru yang semakna dengan riba sehingga orang yang tidak mengetahuinya maka mereka tidak mengatakan bahwa itu riba. Disinilah kita harus mewaspadai bahaya riba disekitar kita.

Sepandai apapun oang mengganti istilah riba, dalam islam tentu saja para ulama akan tetap dapat mengenalinya sebagai riba karena ada aturan yang jelas dalam Al Qur’an dan Hadits. Bahkan sesungguhnya kaum muslimin menyadari akan riba akan tetapi mereka seringkali terlanjur terjebak didalamnya sehingga tidak bias lagi bergerak untuk menghindarinya. Karena iba adalah dosa besar maka ini dijadikan senjata oleh iblis dan para pengikutnya untuk menjauhkan kita dari syariat Allah. Agar kita dapat menjauhi dan menghindari bahaya riba disekitar kita semaksimal mungkin maka kita perlu mengetahui apa itu riba dan wajib untuk kita mengetahuinya. Apa saja bentuk riba? Simak kajian ini selengkapnya untuk mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat ini.

Simak:   Ma'rifatullah Jalan Untuk Menyempurnakan Iman Kepada Nya

Topics #bahaya riba #fiqih #hukum riba #riba