“5 Cara Mudah Beramal Sholeh” adalah tema Mutiara Nasihat yang akan disampaikan oleh ustadz Abdul Basith Lc., M.Pd. pada kesempatan ini. Sebagai seorang hamba kita sepatutnya senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita semua. Tentunya nikmat-nikmat tersebut ketika kita mensyukurinya kita wujudkan dalam hati kita, yaitu meyakini nikmat tersebut datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kita dapati bahwasannya tidak semua manusia diberikan kemudahan dalam melakukan amal sholeh. Maka di sini ada beberapa hal yang bisa menjadikan seseorang itu mudah dalam beramal sholeh. Karena orang yang merasakan kesulitan pasti ada sebab sebabnya kenapa dia  sampai sulit dalam beribadah. Mengapa dia sampai susah dalam melakukan amal sholeh, pasti ada sebabnya. Maka disini penting sekali bagi kita untuk mengetahui langkah mudah beramal sholeh. Apa saja cara-cara agar kita diberikan kemudahan dalam beramal sholeh.

Apa Saja Cara Mudah Beramal Sholeh?

Cara mudah beramal sholeh yang pertama adalah hendaknya kita mempelajari ilmu agama. Hendaknya kita mendalami masalah-masalah agama. Karena memang seseorang tidak mungkin akan bisa beribadah dan beramal saleh kecuali dia memiliki ilmu, kecuali dia memiliki pengetahuan tentang agama. Dengan ilmu seseorang akan mengetahui bagaimana dia beribadah kepada Allah. Dengan ilmu seseorang akan mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang jelek. Dan dengan ilmu seseorang akan tahu mana hal-hal yang halal mana hal-hal yang diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ketika seseorang memiliki ilmu, dia akan tahu mana yang bisa mengantarkan ke surga nya Allah dan mana yang bisa menjerumuskan ke dalam neraka Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan dengan ilmu seseorang akan bisa termotivasi untuk melakukan amal ibadah dan untuk melakukan kebaikan. Karena pada hakikatnya nya semua manusia yang terlahir di dunia ini dalam keadaan jahil, dalam keadaan tidak tahu apa-apa. Oleh sebab itu berilmu adalah langkah mudah mudah beramal sholeh yang pertama.

Simak:   Kalimat Tauhid, Makna dan Syarat Kalimat Laailahailallah

Memurnikan Tauhid

Setelah berilmu, cara mudah dalam beramal yang kedua adalah dengan kita memurnikan tauhid. Apabila kita selalu menjaga tauhid kita, yaitu kita berusaha untuk memurnikan segala macam bentuk ibadah amal shaleh kita tujukan hanya kepada Allah semata. Yang kita harapkan hanya pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan sesuatu yang lain. Bukan pujian manusia, bukan pula balasan materi duniawi dan balasan balasan yang lain. Kita hanya berharap pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala, ini adalah bentuk dari tauhid kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka inilah yang akan bisa memudahkan kita untuk melakukan amal sholeh. memurnikan tauhid adalah langkah mudah untuk beramal sholeh yang sangant penting untuk kita lakukan. Di manapun kita berada dan kapanpun waktunya baik saat yang ramai bersama orang lain atau ketika tidak ada orang lain kecuali kita sendiri. Dan kita yakin bahwasanya Allah selalu mengawasi kita dan akan memberikan balasan setiap amal kita. Sehingga ini yang akan memberikan motivasi kepada kita untuk selalu bisa melakukan amal shaleh sampai kita meninggal dunia.

Berdo’a Merupakan Cara Mudah Beramal Sholeh

Kemudian yang ke tiga cara mudah beramal sholeh yang bisa kita lakukan adalah kita selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita hendaknya senantiasa memohon kepada Allah, meminta kepada Allah. Ini adalah makna berdoa kepada Allah yaitu meminta dan memohon kepada Allah. Memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk senantiasa bisa melakukan amal shaleh. Rasul yang mulia mengajarkan kepada kita sebuah doa agar kita memohon pertolongan Allah untuk bisa beribadah dengan baik.

Nabi kita pernah mengajarkan sebuah doa “Allahumma a’inni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatik”. Yang artinya ya Allah berikanlah pertolongan kepada aku untuk mengingatmu. Untuk bersyukur kepadaMu, untuk melakukan ibadah dengan baik. Doa tersebut adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada kita agar kita jangan sampai ujub dengan diri kita. Janganlah kita merasa sombong dengan kemampuan kita karena memang manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah, dan membutuhkan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka langkah mudah beramal sholeh yang ketiga adalah berdoa’a. Hendaknya kita setiap saat tidak lepas dari meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala bila kita ingin dimudahkan dalam beramal sholeh. 

Simak:   Sikap Muslim Ketika Ada Hak Orang Lain Pada Dirinya

Bersungguh-sungguh Dalam Melakukan Amal Sholeh

Berikutnya yang ke-4 cara mudah beramal sholeh hendaknya seseorang memiliki sifat bersungguh-sungguh. Memiliki tekad yang kuat agar bisa melakukan ibadah dan kebaikan kebaikan. Karena Allah hanya akan memberikan kemudahan bagi orang yang benar-benar bersungguh-sungguh dalam melakukan kebaikan. Orang yang malas tidak akan pernah bisa melakukan amal sholeh meskipun dia paham agama. Meskipun dia membaca buku yang banyak dan memiliki pengetahuan yang sangat luas. Karenanya seseorang harus memahami bahwa langkah mudah beramal sholeh itu dapat dilakukan dengan cara bersungguh sungguh.

Akan tetapi apabila dia tidak bersungguh-sungguh untuk beramal sholeh maka tidak mungkin akan diberikan kemudahan dalam beribadah. Bukankah juga nabi kita Shallallahu Alaihi Wa Sallam telah menjelaskan kepada kita bahwa barangsiapa yang benar-benar ingin melakukan kebaikan. Ingin mendapatkan kebaikan maka akan diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dalam beramal sholeh  butuh kesungguh-sungguhan, tidak cukup ilmu saja.

Cara Mudah Beramal Sholeh yang kelima adalah Teman yang Baik

Kemudian yang terakhir cara mudah beramal sholeh itu hendaknya mencari teman yang baik dan mencari lingkungan yang baik. Langkah mudah beramal sholeh dengan mencari teman dan lingkungan yang baik ini sangat berpengaruh bagi seseorang. Apabila temannya buruk maka dia akan terpengaruh diajak pada hal-hal yang buruk. Namun bila dia memiliki teman yang baik maka temannya akan selalu memberikan motivasi kepada nya untuk beramal baik. Temannya akan selalu menasehati nya untuk bertakwa kepada Allah dimanapun ia berada temannya akan selalu mengingatkan dia untuk tetap istiqomah diatas agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Temannya akan selalu menginginkan dia melakukan amal-amal yang baik. Demikian pula kalau lingkungan yang baik, lingkungan yang kondusif yang mensupport dan mendukung untuk berbuat amal sholeh itu pun sangat memudahkan seseorang untuk melakukan ibadah kepada Allah dan untuk melakukan amal sholeh.

Simak:   Pentingnya Mencari Jodoh Yang Bertakwa

Ini adalah cara yang dapat ditempuh bagi kaum muslimin yang mungkin masih mendapatkan kesulitan dalam beramal sholeh. Ketahuilah apabila kita ingin diberikan kemudahan dalam beramal saleh hendaknya kita praktekkan cara-cara tersebut.

Simak terus kajian-kajian penuh faedah dari Al Iman TV lainnya. Simak juga: 3 Keberuntungan Seorang Muslim

Topics #agama islam #beramal #beramal sholeh #cara mudah beramal sholeh #kajian islam #langkah mudah beramal sholeh #mutiara nasehat #mutiara nasihat #sholeh #tausiyah singkat