Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah wassalatu wassalam ‘ala Rasulillah.

AL-IMAN TV sebagai salah satu media dakwah Islam di Indonesia yang bergerak dalam dunia broadcasting diharapkan dengan kehadirannya dapat menumbuh suburkan benih-benih keimanan kaum muslimin. Dalam sejarahnya, Al Iman sendiri yang telah berdiri sejak 2007 dan Al-Iman TV mengudara secara resmi pada tanggal 1 Ramadhan 1438 H silam hingga kini sangat lekat dengan pendengar maupun pemirsanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan peran aktif pendengar dan pemirsa yang turut andil dalam program-program Al-Iman, memberikan review tentang kiprah dakwah Al-Iman dan lain-lain.

Al-Iman TV sebagai salah satu televisi Islam dakwah tentunya tidak lepas dari kegiatan peliputan kegiatan-kegiatan dakwah baik di Surabaya dan sekitarnya, ataupun di luar Jawa Timur. Baik berupa kajian, daurah dan lain sebagainya. Berupa kajian Akbar, kajian Mingguan, ataupun daurah-daurah yang diadakan di Surabaya ataupun yang diselenggarakan oleh Lembaga Lembaga Dakwah seperti STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya yang mengadakan daurah tahunan dengan pemateri para Masyaikh Kibar dari Universitas Islam Madinah dan Markaz Al Albani Yordania di Batu, Jawa Timur. Tentunya event atau kegiatan tersebut dibutuhkan untuk disiarkan langsung live dari lokasi. Namun kendala yang dihadapi di lapangan adalah keterbatasan peralatan yang dimiliki Al-Iman TV yang hanya bisa bertumpu pada satu koneksi Jaringan ISP tertentu, sehingga seringkali masalah sinyal dan bitrate speed yang didapatkan adalah terbatas dan menghasilkan kualitas buruk, berupa suara terputus-putus, gambar buram, hingga siaran terputus dan tidak dapat dilanjutkan.

Oleh karena itu Al Iman TV membutuhkan peralatan penunjang siaran live. Yaitu sebuah alat yang dapat mengirimkan sinyal audio visual melalui jaringan telekomunikasi yang tidak hanya bertumpu pada satu ISP saja melainkan menggabungkan jaringan ISP sehingga audio visual yang dikirmkan dapat bagus dan layak ditonton. Teknik tersebut adalah dengan menggabungkan (Bounding) sinyal 3G/4G beberapa ISP yang ada di lokasi kemudian mengirimkannya ke receiver penerima. Diantara peralatan Bounding tersebut adalah Soliton Smart Zao H.265 yang sudah familier digunakan oleh Stasiun TV Swasta Nasional.

Selain itu, peralatan penunjang siaran live yang juga dibutuhkan adalah sebuah mixer video untuk menggabungkan beberapa input kamera menjadi satu sehingga gambar video tidak monoton. Diantara yang sering digunakan adalah mixer video DataVideo SE-1200MU yang dapat menggabungkan input 6 kamera.

URAIAN KEBUTUHAN PERALATAN PENUNJANG SIARAN LIVE:

  1. Soliton Smart Zao S (mini) H.265

Soliton Smart Zao S (mini) H.265 digunakan untuk mengirimkan sinyal audio visual dengan men-encode nya dari lokasi event kegiatan memanfaatkan 4 jaringan ISP dengan 4 modem kemudian diterima oleh decoder yang berada di studio. Karena memanfaatkan teknologi bounding (menggabungkan) beberapa ISP sehingga menghasilkan gambar dan audio yang bagus dan stabil.

  1. DataVideo SE-1200MU (include RMC260)

DataVideo SE-1200MU digunakan untuk menggabungkan kamera (multicam), yang dapat menggabungkan dari input 6 kamera, dengan di control oleh RMC260).

Perkiraan Harga Peralatan Penunjang Siaran Live

Jumlah keseluruhan harga peralatan yang dibutuhkan adalah Rp. 222.000.000 dengan perincian sebagai berikut:

  1. Soliton Smart Zao S (mini) H.265                    = Rp. 190.000.000
  2. DataVideo SE-1200MU (include RMC260)   = Rp.   32.000.000

Rekening Donasi

Donasi pengadaan Alat dapat dikirimkan ke:

Rekening                 : Bank Syariah Mandiri BSM (kode 451)

No Rek                     : 7113730492

Atas Nama              : Yayasan Mamba’ Al Ihsan

atau anda juga bisa mengirimkan ke

Rekening                 : Bank Mandiri (kode 008)

No Rek                     : 1420008000282

Atas Nama              : PT. Media Hasanah Ihsan

Untuk konfirmasi transfer ke nomor: 0877-7000-0846. Mohon untuk menambahkan Rp.46 dalam donasi anda sebagai kode transfer.

Penutup

Demikian besar kebutuhan untuk membantu penyebaran dakwah Islam, dengan ini kami mengajak para muhsinin untuk menjadi donatur membantu menopang kebutuhan tersebut. Kami ucapkan Jazakumullah khairan katsira semoga Allah membalas kebaikan para muhsinin dengan pahala kebaikan di akhirat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Topics #mixer video