BerandaAdab dan AkhlakHal-hal Yang Mengundang Datangnya Setan

Hal-hal Yang Mengundang Datangnya Setan

Pembahasan kali ini adalah terkait “hal-hal yang mengundang datangan Setan”, pembahasan ini dimaksudkan bukan supaya syaitan itu datang kepada kita namun diharapkan kita dapat menjahui perkara-perkara tersebut sehingga setan tidak menghampiri kita.

Seorang penyair berkata :

عَرَفْتُ الشَّرَّ لاَ للشَّرِّ لَكِنْ لِتَوَقِّيْهِ

وَمِنْ لاَ يَعْرِفْ الشَّرَّ مِنْ الخَيْرِ يَقَعْ فِيْهِ

“Aku mengetahui kejelekan bukan untuk melakukannya akan tetapi untuk berhati-hati darinya”

“Dan barangsiapa yang tidak mengenal kejelekan, maka ia akan terjatuh di dalamnya”.

Berikut ini hal-hal yang mengundangan datangnya setan:

Pertama, Meninggalkan Al-Qur'an dan Dzikir

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

وَمَن يَعۡشُ عَن ذِكۡرِ ٱلرَّحۡمَٰنِ نُقَيِّضۡ لَهُۥ شَيۡطَٰنٗا فَهُوَ لَهُۥ قَرِينٞ 

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. (QS. az-Zukhruf: 36)

Hal-hal mengundang datangnya setan

Kedua, Menjahui Sunnah dan Mengikuti Bid'ah

Al-Iman Sufyan ats-Tsauri rahimahullah berkata :

إن البدعة أحب إلى إبليس من المعصية لأن المعصية يُتاب منها والبدعة لا يُتاب منها

“Kebi'ahan itu lebih dicintai oleh Iblis daripada kemaksiatan, karena kemaksiatan itu masih diharapkan taubatnya, sedangkan kebid'ahan tidak dapat (yakni sulit) diharapkan taubat darinya”. (Majmu' al-Fatawa, 11/472 karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah)

Ketiga, Tidak Iklas

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

قَالَ رَبِّ بِمَآ أَغۡوَيۡتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمۡ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَلَأُغۡوِيَنَّهُمۡ أَجۡمَعِينَ إِلَّا عِبَادَكَ مِنۡهُمُ ٱلۡمُخۡلَصِينَ 

Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka”. (QS. al-Hijr: 39-40)

Baca Juga : Alangkah Bahagia Didoakan Malaikat Pemikul ‘Arys

Keempat, Memelihara Anjing, Rumah Bergambar dan Patung Bernyawa

Dalam hal ini Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ المَلاَئِكَةَ لَا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيْهِ كَلْبٌ وَلاَ صُوْرَةٌ

“Sesungguhnya Malaikat tidak akan memasuki rumah yang ada anjing dan gambar bernyawa.” (Mutafaqun ‘Alaihi)

Kelima, Tidak Salam Ketika Masuk Rumah Juga Mendatangkan Setan

Dari Jabir bin Abdullah radiyallahu'anhu bahwasanya dia pernah mendengar Rasulullah bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللَّه تَعَالَى عنْدَ دُخُوله ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ ، قَالَ الشَّيْطَانُ لأَصْحَابه: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّه تَعَالَى عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ : أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهُ تَعَالَى عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُم الْمَبِيتَ وَالعَشَاءَ.

“Apabila seseorang masuk ke dalam rumahnya, lalu ia menyebut nama Allah ketika masuk dan ketika menghadapi makanannya, maka setan akan berkata kepada teman-temannya, Tidak ada tempat bermalam dan tidak ada pula makan malam untuk kalian. Tetapi, sebaliknya, apabila ia masuk ke dalam rumah tanpa menyebut nama Allah pada waktu masuknya, maka setan pun akan berkata, Kalian mendapatkan tempat bermalam.' Dan apabila ia tidak menyebut nama Allah pada saat menghadapi makanannya, maka setan pun akan berkata, ‘Kalian mendapatkan tempat bermalam dan sekaligus makan malam'.” (HR. Muslim: 5381)

Semoga secuil tulisan ini bermanfaat dan kita mampu mencegah dari datangnya setan dalam aktifitas kita, baarakallahu fiikum.

Dinukilkan dari Majalah Adz-Dzakirah Al-Islamiyah Vol. 9 No. 10 Tahun 1433 H/ 2012 M. Hal-hal Mengundang Datangnya Setan oleh Ustadz Fadlan Fahamsyah, Lc., M.HI. Penerbit STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya.

Baca Juga Artikel:

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img