Dalam kajian umum bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmidzi, M.A dengan tema “Harta Halal dan Barakah”, dijelaskan bahwa arti dari kata barakah bukanlah sekedar kebaikan saja. Akan tetapi kata barakah adalah kebaikan yang berkumpul dan bertambah banyak, seluruh kebaikan dunia dan akhirat maka ini adalah hal yang mulia. Tujuan manusia didunia umumnya menginginkan keberkahan terhadap segala sesuatunya. Manusiapun saling mendoakan agar saudaranya mendapat keberkahan. Akan tetapi para ahli bahasa mengatakan kata “Tabarak” atau pemberi berkah , dalam bahasa arab ataupun Al Qur’an tidaklah pernah disandarkan kepada selain Allah. Tidak ada Tabarak Muhammad ataupun Tabarak Jibril, maka salah apabila kita meminta keberkahan kepada selain kepada Allah Ta’ala. Tidak dapat dipungkiri bahwa harta merupakan bagian dari kebutuhan manusia. Bahkan bukan hanya sekedar bagian yang biasa akan tetapi bagian yang penting dari kehidupan manusia. Tentunya kita berharap bahwa kita memiliki harta halal dan barakah.

Tidak ada manusia yang terlepas dari harta, akan tetapi kebanyakan salah dalam mencarinya. Setiap hari manusia mencari harta halal dan barakah akan tetapi yang didapat malah sebaliknya. Orang yang salah mencari penambahan harta yaitu mencari harta dengan cara riba. Sesungguhnya tidak akan bertambah harta dengan cara riba, walaupun secara kasat mata seperti bertambah banyak harta akan tetapi Allah akan hancurkan harta tersebut. Sebaliknya apabila kita melakukan sedekah yang merupakan bukti keimana kita terhadap Allah, walaupun secara kasat mata harta kita terlihat berkurang namun sesungguhnya janji Allah adalah harta akan bertambah dengan sedekah. Inilah cara mencari harta halal dan barakah yaitu dengan beriman kepada Allah dan tidak melakukan maksiat kepada-Nya.

Allah tidak memberi rizki sesuai akal manusia,terkadang seseorang mendapat harta lebih banyak dari temannya yang lebih pintar dari dirinya karena dia mendapatkan hartanya dari jalan yang halal. Apabila kita berbuat maksiat dengan memperbanyak harta dari riba maka yang didapat hanyalah kekurangan dari harta itu. Dengan riba Allah akan hancurkan keberkahan dari harta kalian. Carilah harta halal dan barakah walaupun kecil nominalnya sesungguhnya itulah keberkahan.

Topics #harta halal dan barakah