Kajian dengan tema Ikhlas dalam bersedekah yang dibawakan oleh Ustadz Askar Wardhana. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai ikhlas dalam bersedekah. Banyak manusia didunia yang mengungkit kebaikan yang telah dilakukannya. Tidak ada hal yang lebih jarang untuk ditemui kecuali ikhlas karena hati manusia sesungguhnya selalu ingin diperhatikan dan dipuji maka inilah pentingnya untuk menumbuhkan rasa ikhlas. Ikhlas dalam bersedekah dan berzakat dalam rangka menunaikan ibadah kepada Allah

Zakat dan sedekah adalah 2 hal yang saling berkaitan karena zakat adalah sedekah yang sifatnya wajib, adapun apabila kita berbicara mutlak sedekah maka mencakup yang wajib maupun yang Sunnah. Akan tetapi sedekah yang dibahas disini adalah sedekah yang Sunnah. Hendaknya kita ikhlas dalam berzakat karena Allah bukan karena terpaksa, ingin dilihat orang bukan karena pandangan orang lain. Akan tetapi ikhlas karena Allah. Ini adalah perintah dari Allah dan kita mengharapkan ganjaran dari-Nya. Maka ini adalah sebuah kewajiban, karena syarat umum diterimanya seluruh amalan ibadah termasuk zakat adalah ada 2 yaitu karena ikhlas dan yang kedua harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam. Maka ketika kita ingin amalan zakat kita diterima oleh Allah maka syarat pertama harus dipenuhi yaitu ikhlas ketika kita melaksanakannya. Inilah pentingnya ikhlas dalam bersedekah dan berzakat agar amalan kita bernilai pahala disisi Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah di surat Ar Rum ayat 39 “Dan apa saja yang kalian berikan dari harta riba agar harta riba itu berkembang didalam harta-harta orang lain maka sesungguhnya harta riba itu tidak akan berkembang sedikitpun disisi Allah. Karena harta riba adalah harta yang buruk, harta yang tidak berkah, harta yang akan merusak dan tidak ada kebaikan sedikitpun, justru akan menambah dosa. Dan apa saja yang kalian keluarkan dari harta zakat yang dengannya kalian menginginkan wajah Allah. Maka itulah yang akan berlipat-lipat dan dikembangkan oleh Allah.” Disini tersirat pentingnya ikhlas dalam bersedekah dan berzakat, karena keikhlasan adalah beramal hanya untuk Allah dan mengharapkan ganjaran dari Allah. Baik itu berupa Syurga-Nya, pahal, ridho-Nya, dinaikkan derajat di Syurga-Nya, ampunan-Nya dan hal-hal lain yang hanya diharapkan dari Allah. Sedekah yang dikeluarkan dengan tidak ikhlas akan percuma, Allah telah berfirman, Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian membatalkan sedekah-sedekah kalian, janganlah kalian menggugurkan amalan-amalan kalian dengan menyebut-nyebutnya, mengungkitnya dan menyakiti orang yang kita bantu.

Simak:   Tausiyah Singkat: Agar Amal Diterima

Topics #ikhlas #iklas dalam bersedekah #sedekah #zakat