Kajian Umum bersama Ustadz Ammi Nur Baits dengan tema “Istiqomah Sampai Mati” membahas mengenai permasalahan istiqomah dalam urusan agama. Istiqomah adalah menempuh jalan yang lurus, tidak menengok kekanan atau kekiri dalam rangka untuk menjalankan ketaatan kepada Allah dan menjauhi semua larangan-Nya baik secara lahir maupun batin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa istiqomah artinya konsisten dalam ketaatan kepada Allah.

Diantara keistimewaan istiqomah adalah Allah menjajikan kepada orang yang yang telah berikrar bahwa Rabbnya adalah Allah dan ia istiqomah, maka menjelang kematian menjemput malaikat akan dating kepadanya dan berkata “janganlah engkau takut dan bersedih, bergembiralah dengan adanya surga yang dijanjikan Allah kepadamu”. Disini jelas bahwa untuk masuk ke dalam surga Allah kita harus istiqomah sampai mati dalam ucapan La Illa ha Ilallah dan segala konsekuensi dari ucapan ikrar tersebut, yaitu dengan tidak mempersekutukannya dengan apapun sepanjang hidup kita serta senantiasa taat akan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Maka yang dimaksud disini adalah istiqomah dalam tauhid, yaitu memurnikan ibadah hanya kepada Allah dan memurnikan imannya sampai akhir hayat.

Kemudian istiqomah juga berarti melakukan ketaatan kepada Allah sepanjang waktu bukan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Terkadang banyak orang yang melakukan ibadah dengan rajin hanya pada bulan ramadhan saja atau pada bulan sya’ban saja, maka ia akan bermalas-malasan kembali dalam beribadah setelah bulan tersebut berlalu. Tentu hal ini tidak dibenarkan, hendaknya kita sebagai hamba Allah senantiasa istiqomah sampai mati artinya istiqomah beribadah sepanjang waktu hingga ajal datang menjemput tanpa memilih-milih waktu. Selanjutnya istiqomah juga berarti untuk selalu ikhlas dalam menjalankan amal sholeh dan ketaatan kepada Allah. Kita senantiasa mengikhlaskan segala amal sholeh dan ketaatan yang kita jalankan hanya mengharap ganjaran pahala dari Allah bukan karena kita ingin dipuji orang lain, bukan karena kita ingin dilihat sebagai orang sholeh ataupun mendapatkan status dari manusia.

Simak:   Ikhlas Dalam Bersedekah

Istiqomah sampai mati dalam menjalankan ibadah kepada Allah dan ikhlas mengharap ganjaran dari Allah akan berbuah surga. Dan ini tidak dapat kita gantungkan kepada orang lain akan tetapi harus kita usahakan sendiri karena pada saat kita menghadap Allah kelak tidak ada seorangpun yang dapat membantu kita kecuali amal sholeh yang kita usahakan ketika kita hidup.

Topics #ibadah #ikhlas #istiqomah #tauhid