Kajian bersama Ustadz Mubarak Buamualim dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2018 bertempat di Sembalun, Lombok mengangkat tema “ Keutamaan Kalimat Tauhid”. Bagi kaum muslimin kalimat Tauhid merupakan hal yang penting. Keutamaan kalimat tauhid yang tertanam dalam hati seorang mukmin ketika merenungkan dirinya sebagai hamba Allah yang lemah. Seorang hamba yang tidak memiliki kekuatan apapun kecuali dari Allah. Maka dari itu kita dianjurkan untuk membaca salah satu dari perbendaharaan surge yaitu kalimat “La Haula Wala Kuwwata Illah Billah”. Oleh karena itu ucapan ini hendaknya menjadi dzikir yang seyogyanya selalu kit abaca dan tertanam dalam diri kita bahwa apa yang kita capai, kita peroleh ataupun kita lakukan itu semua adalah berkat dari pertolongan, kekuatan dan daya dari Allah. Ketika seorang mukmin tahu bahwa hidup ini adalah ujian, bumi adalah tempat Allah menguji hambanya dan ujian itu tentunya akan mendapat balasan dari Allah ketika hambanya bersabar atas ujian yang terjadi. Keutamaan kalimat tauhid adalah ketika seorang hamba menghadapi ujian Allah dengan penuh keikhlasan kepada Allah. Seorang hamba tawakal kepada Allah karena dengan demikian Allah Akan memberikan pertolongan kepada hambanya.

Terkadang manusia lupa dan lalai dalam mengingat Allah, mereka menjadi sombong karenanya Allah memberi peringatan. Manusia lalai akan keutamaan kalimat tauhid, Allah menguji hambanya untuk mengingatkan mereka akan karunia Allah, kekuasaan Allah dan keperkasaan Allah. Allah berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.(QS Al Anbiya 35)

Simak:   Penyebab Musibah Terjadi Dimana-mana

Dalam ayat diatas dikatakan bahwa Allah akan menguji hambanya dengan keburukan dan kebaikan. Dengan demikian keutamaan kalimat tauhid adalah bahwa kita senantiasa mengingat Allah dan menyandarkan semua hanya kepada Allah saja. Hendaknya kita selalu berkhusnudzon kepada Allah ketika diberi ujian baik yang buruk maupun yang baik. Rasulullah mengajarkan kita meminta dengan menyebut 2 nama Allah yang agung, Ya Hayyu Ya Qayyum yang dengannya seorang hamba bergantung pada-Nya. Maka seorang hamba berdo’a dipagi dan petang dengan menyebut dua nama yang agung ini. Bagaimanakah keutamaan kalimat tauhid dalam menghadapi ujian Allah? Simak kajian bersama Ustadz Mubarak Bamualim ini selengkapnya

Topics #aqidah #hanya Allah penolong para hamba #keutamaan kalimat tauhid #ustadz Mubarak Bamualim