Kajian yang dibawakan oleh Ustadz Andy Fahmi ini membahas mengenai ibadah yang dilakukan oleh umat muslim dimalam-malam terakhir bulan ramadhan. Banyak dari umat muslim dikala awal-awal bulan ramadhan sangat bersemangat dalam beribadah. Sering kita lihat pada awal ramadhan masjid-masjid penuh dengan umat muslimin yang menunaikan sholat malam. Akan tetapi seiring berlalunya waktu jumlah orang-orang dalam masjid pun ikut berkurang. Kita sering kali disibukkan dengan hal-hal lain yang terkadang kurang bermanfaat. Karenanya ustadz menasehati kita janganlah kita menjadi orang-orang yang celaka seperti yang disebutkan Malaikat Jibril dalam do’anya. Siapakah orang-orang yang celaka itu? Yaitu orang yang berlalu bulan ramadhan akan tetapi Allah tidak mengampuni dosa-dosanya. Betapa merugi orang yang demikian itu.

Seperti apakah seharusnya kita mengisi hari-hari terakhir dibulan ramadhan? Hal apa sajakah yang sebaiknya kita hindari pada malam-malam terakhir bulan ramadhan? Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia. hendaknya kaum muslimin senantiasa mengisinya dengan banyak amalan sholeh, terutama pada sepuluh malam terakhirnya.

Umat muslimin sebaiknya menjaga ibadahnya hingga malam-malam terakhir bulan ramadhan. Senantiasa istiqomah dalam ibadahnya karena dibulan ramadhan semua amal sholeh dilipat gandakan pahalanya. Pada sepuluh malam terakhir dibulan ramadhan juga ada malam yang apabila kita beribadah pada malam itu maka nilainya sama dengan ibadah yang kita lakukan selama seribu bulan.Karenanya janganlah kita dilalaikan dengan hal dunia sehingga meninggalkan banyak amalan dibulan ramadhan. Disaat saat terakhir bulan ramadhan kita terkadang lebih sibuk di pusat perbelanjaan. Sibuk membeli baju baru atau sepatu baru sehingga lalai dalam melaksanakan ibadah. Sungguh kita merugi apabila bulan Ramadhan berlalu sementara kita tidak mendapat ampunan dari Allah.

Simak:   Mengapa Harus Mengikuti Para Sahabat

Nabi Muhammad Shalallahu’alihi Wassalam senantiasa menghidupkan malam terakhir dibulan ramadhan dengan sholat malam dan mengajak serta keluarganya untuk memperbanyak ibadah disepuluh malam terkhir bulan ramadhan. Hendaknya kita banyak memohon ampunan kepada Allah. Dengan adanya kajian ini diharapkan kaum muslimin dapat mengambil faedah yang bayak dan mendapat hidayah dari Allah. Amin.

Topics #aqidah