Kajian Umum bersama Ustadz Zainal Abidin, Lc. mengangkat tema “Menggugah Nurani Pemirsa TV”. Dijaman sekarang ini hampir disetiap rumah akan kita jumpai sebuah televisi. Akan tetapi yang perlu kita perhatikan adalah dampak seperti apa yang akan ditimbulkan oleh televisi. Ternyata televisi menimbulkan dampak negatif yang dirasakan oleh semua kalangan yang menggunakannya, tanpa memandang agama maupun golongan. Dampak negatif televisi ini juga berpengaruh terhadap anak-anak. Sebagai orang tua hendaknya kita bisa mendidik anak-anak kita, mendampingi mereka sehingga tidak terpengaruh oleh dampak negatif televisi. Menjadi orang tua dijaman sekarang lebih berat tanggung jawabnya. Kita harus bisa melakukan pengawasan terhadap anak-anak kita agar tidak hancur akibat dari pengaruh teknologi yang ada sekarang ini.

Kesalahan besar pendidikan orang tua kepada anak ada lima, yang pertama yaitu membiarkan anak-anak bermain gadget ataupun menonton televisi tanpa kontrol. Perhatikan ketika musim liburan tiba maka anak-anak akan asik didepan televisi seharian. Dampak negatif telivisi bagi anak-anak yang menontonnya tanpa kontrol adalah mereka mungkin saja melihat konten yang tidak baik dalam acara televisi yang mereka tonton. Banyak perilaku kriminalitas pada anak dipicu dari konten acara televisi, ada yang mengandung pornografi atau tindak kekerasan. Ini adalah dampak negatif televise yang harus kita waspadai. Kemudian kesalahan yang kedua yaitu orang tua membiarkan anaknya pergi bersama teman tanpa Kontrol. Hal ini terutama terjadi pada anak usia remaja yang sudah mulai senang bepergian bersama teman-teman mereka. Kesalahan pendidikan yang ketiga adalah membiarkan anak terbiasa dilayani seperti seorang raja sehingga mereka tidak bisa mandiri. Kesalahan yang keempat adalah anak selalu dijadikan sasaran kesalahan, ini juga bukan sesuatu yang baik bagi psikologi anak. Lalu kesalahan kelima dan merupakan kesalah terbesar adalah orang tua dengan alasankasihan tidak membangunkan anaknya untuk melakukan sholat.

Simak:   Efek Bid'ah Hasanah

Rasulullah bersabda:”Demi Allah bukan kemiskinan yang aku takutkan atas kalian akan tetapi yang aku takutkan atas kalian adalah dibukakan kenikmatan dunia. Seperti telah dibukakan kepada umat sebelum masa kalian, kalian bersaing seperti mereka bersaing. Kalian dihancurka oleh dunia seperti mereka dulu dihancurkan oleh dunia. Apa saja dampak negatif televisi yang terlihat nyata sekarang ini? Simak kajian ini selengkapnya dan semoga antum semua mendapatkan pelajaran berharga didalamnya.

Topics #bahaya televisi #dampak negatif televisi #ustadz zainal abidin