Kajian umum Bersama Ustadz Zainal dengan tema “Tips Jitu Membiasakan Anak Sholat “. Setiap orang tua pastinya ingin agar anaknya menjadi generasi yang sholeh dan sholeha. Akan tetapi banyak orang tua yang mengalami kesulitan untuk membiasakan anak shalat. Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam bersabda: ”Perintahkan anakmu untuk sholat ketika mereka umur tujuh tahun”. Perintah ini bukanlah perintah untuk membebankan syariat kepada anak akan tetapi untuk membiasakan anak shalat. Kita semua tahu bahwa usia 7 tahun bukanlah umur baligh. Anak-anak seumur ini sebagian besar masih suka bermain, sehingga membiasakan anak shalat merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Allah berfirman:

وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَاۤ اَمۡوَالُكُمۡ وَاَوۡلَادُكُمۡ فِتۡنَةٌ ۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنۡدَهٗۤ اَجۡرٌ عَظِيۡمٌ

Artinya: Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. (QS Al Anfal 28)

Dari ayat tersebut menunjukkan bahwa siapapun yang ingin menaklukkan fitnah anak haruslah memakai ilmu. Oleh karenanya dalam mendidik dan menyelesaikan permasalahan anak harus memakai ilmu. Namun pada kenyataannya seringkali orang tua lebih memakai perasaan dalam mendidik anak. Jangan sampai kita salah tujuan dalam mendidik anak. Tujuan utama kita mendidik anak adalah untuk menjadikannya generasi yang bertaqwa. Oleh sebab itu Ilmu sangat penting jangan sampai anak kita menjadi fitnah. Allah berfirman:

‌يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنَّ مِنۡ اَزۡوَاجِكُمۡ وَاَوۡلَادِكُمۡ عَدُوًّا لَّكُمۡ فَاحۡذَرُوۡهُمۡ‌ۚ وَاِنۡ تَعۡفُوۡا وَتَصۡفَحُوۡا وَتَغۡفِرُوۡا فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوۡرٌ رَّحِيۡمٌ‏

Artinya: Hai orang-orang mu’min, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS At Taghaabun 14)

Lalu apa saja tips jitu untuk membiasakan anak shalat? Tips yang pertama adalah mengusahakan untuk mengikhlaskan amal karena Allah semata. Alasan kita harus ikhlas karena membiuasakan anak shalat itu capek, membiasakan anak shalat itu berat dan beban bagi orang tua. Membiasakan anak shalat tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu kesabaran dalam membiasakan anak sholat, karena harus dilakukan secara konstan dan terus menerus. Kemudian tips membiasakan anak shalat apalagi yang bias kita lakukan? Simak kajian ini selengkapnya.

Simak juga kajian: Efek Bid’ah Hasanah, Mengunggah Nurani Pemirsa TV, Its Time To Repent, Keutamaan Kalimat Tauhid.

Topics #pendidikan anak #shalat #tips membiasakan anak shalat #ustadz zainal abidin