BerandaFiqih dan MuamalahKeutamaan Haji dan Umrah

Keutamaan Haji dan Umrah

Haji adalah menuju ke masjid haram/tanah suci dalam rangka melaksanakan rangkaian manasik haji yang telah ditentukan. Adapun umrah adalah ziyaroh ke masjidil haram untuk melaksanakan rangkaian ibadah yang telah ditentukan. Berikut hadits hadits yang menerangkan keutamaan haji dan umrah :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلا الْجَنَّةَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairoh bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda “umroh yang satu dengan umroh yang lainnya merupakan penghapus dosa diantara keduanya, dan haji yang baik tidak ada satu balasan yang terbaik baginya melainkan surga. (Muttafaqun ‘Alaih).

عَن ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: “تاَبِعُوا بَينَ الحَجِّ وَالعُمْرَةِ، فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الذُّنُوبَ وَالفَقْرَ، كَمَا يَنْفِي الكِيرُ خَبَثَ الحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالفِضَّةِ، وَلَيسَ لِحَجَّةٍ مَبْرُورَةٍ ثَوَابٌ إِلَّا الجَنَّةُ [رواه النسائي]

Dari Abdulloh bin Abbas beliau berkata Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “iringi antara haji dan umroh, karena keduanya dapat menghilangkan dosa dan kefakiran. Sebagaimana seorang pandai besi yang menghilangkan kotoran pada emas dan perak. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya melainkan surga.” (H.R. An-Nasai).

KEUTAMAAN HAJI & UMRAH

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ الله ﷺ يَقُولُ :مَنْ حَجَّ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ، رَجَعَ كَيَومِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Dari Abu Hurairoh beliau berkata : Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa yang menunaikan haji karena Allah D lalu ia tidak berkata kata jelek dan tidak melakukan dosa, maka sepulangnya dari haji ia seperti pada hari dilahirkan oleh ibunya.” (H.R. Bukhori dan Muslim)

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما عَنِ النَّبِيِّ ﷺ  قَالَ : الغَازِي فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالحَاجُّ وَالمعْتَمِرُ، وَفْدُ اللهِ، دَعَاهُمْ فَأَجَابُوه، وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

Dari Ibnu Umar dari Nabi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang melaksanakan haji atau umroh mereka itu adalah utusan Allah. Allah memanggil mereka dan mereka pun memenuhi panggilanNya, dan tatkala mereka meminta kepada Allah maka Allah memberikannya (H.R. Ibnu Majah : 2339)

Keutamaan-keutamaan ini merupakan penyebutan secara global karena masih banyak lagi keutamaan keutamaan haji yang lainnya. Keutamaan haji dan umroh pada hadits hadits yang telah disebutkan terdapat beberapa point sebagai berikut :

  1. Semua dosa dosanya diampuni oleh Allah Ta'ala
  2. Akan mendapatkan surga
  3. Allah akan menghilangkan kefakiran baginya
  4. Doa doanya dikabulkan oleh Allah Ta'ala
  5. Mendapatkan ganjaran pahala yang begitu banyak

Baca Juga : Perjalanan Bulan-Bulan Haram Telah Dimulai

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img