Pentingnya Belajar Ilmu Aqidah Bagian 2

Pentingnya Belajar Aqidah

Segala puji yang hanya milik Allah Rabb Yang Maha Tunggal. Shalawat beserta salam kepada Nabi Muhammad yang tidak ada nabi setelahnya beserta keluarganya dan para sahabatnya hingga hari akhir ditegakkan.

Kita sedikit telah mengetahui bahwa pentingnya aqidah terhadap kehidupan sehari-hari. Dan banyak hal lainnya yang bisa membuat sadar akan pentingnya aqidah atau tauhid dalam segala aspek kehidupan.

Keutamaan aqidah lainnya diantaranya

Aqidah Ilmu Yang Paling Mulia dan Agung Kedudukannya

Kita belajar aqidah karena aqidah adalah ilmu yang paling mulia, agung dan tinggi kedudukannya. Karena mulianya ilmu dan agungnya berdasar objek yang dipelajari. Dan tidak ada yang dipelajari yang paling agung daripada Dzat Allah Ta’la dan segala sifat-Nya. Dan Dia adalah objek yang kita pelajari dalam ilmu Aqidah.

Aqidah Yang Benar Menambah Rasa Takut & Menjauhi Maksiat

Kita belajar aqidah agar bertambah takut kita kepada Allah Ta’ala. Dan aqidah terdapat tauhid yaitu mengenal apa-apa yang melekat pada Allah dan yang tidak melekat pada-Nya. Dan mengenal Allah salah satu unsur dari rasa takut kepada Allah. Maka setiap hamba yang semakin mengenal Allah Ta’ala akan bertambah rasa takut kepada-Nya.
Kita belajar aqidah agar terselamat dari fitnah syahwat serta semakin terjauhkan dari perbuatan maksiat. Maka bagaimana seorang muslim bermaksiat kepada Allah sedangkan dia mengetahui bahwasanya Allah Maha Melihat apa yang dikerjakan hamba-Nya, mendengar apa yang diucapkan hamba-Nya dan dekat terhadap hamba-Nya.

Aqidah Yang Benar Tameng Pintu Syubhat

Kita belajar aqidah agar selamat dari syubhat-syubhat yang menghanyutkan bagaikan ombak lautan. Dan seorang ilmuwan yang terbekali dengan madzhab-madzhab bathil yang merusak dan pikiran-pikiran menyimpang dan manhaj-manhaj yang merusak. Maka seorang muslim haruslah yang terdepan dan terbekali ilmu yang lurus dengan aqidah yang benar serta memiliki pemahaman aqidah yang benar. Sampai bisa membedakan antara buruk dan baik, lemah dan kuat serta bathil dan yang sesungguhnya.

Dan tidaklah pohon berdaun
Tanpa ada yang menyiraminya
Dan tidaklah matahari bersinar
Kecuali malam yang gelap sirna
Dan tidaklah baik kehidupan
Tanpa ada yang mengaturnya
Dan tidaklah Dia yang Maha Esa
Kecuali kita hamba ciptaan-Nya

Artikel ini dikutip dari tulisan Dr. Rabi’ Ahmad dari website www.alukah.net

Simak:   Pentingnya Belajar Ilmu Aqidah Bagian 1
Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan
Previous Post
Pentingnya Belajar Aqidah

Pentingnya Belajar Ilmu Aqidah Bagian 14 min read

Next Post

Di Benteng Kokoh Kematian Pasti Akan Menjumpaimu3 min read