Kajian bersama ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang diselenggarakan di Masjid Al Muttaqien Kenjeran Surabaya, pada tanggal 4 November 2018 dengan tema “Penyebab Musibah terjadi dimana-mana”. Musibah akan selalu menyertai seorang mukmin karena orang yang beriman kepada Allah tetap akan diberikan musibah oleh Allah Ta’ala. Karena Musibah merupakan ujian, apakah ia benar-benar beriman kepada Allah atau tidak. Dalam riwayat yang shahih dari Imam Bukhari, Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam bersabda “barangsiapa yang dikehendaki Allah kebaikan kepadanya, akan diberikan musibah oleh Allah”. Bagi orang beriman, musibah merupakan tanda kecintaan Allah apabila orang tersebut sabar dan ridho.

Apa Penyebab Musibah Terjadi Dimana-mana?

Hal pertama yang berkaitan dengan penyebab musibah terjadi dimana-mana adalah harus kita imani bahwa penyebab musibah terjadi karena takdir Allah. Rasulullah bersabda dalam hadits yang mahsyur yaitu dalam hadits jibril. Hadits tersebut menerangkan tentang iman yaitu “engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat, kepada kitab-Nya, kepada Rasul-nya dan kepada yaumul akhir. Kemudian engkau beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.” Perlu diperhatikan bahwa takdir ada yang baik dan ada yang buruk. Segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini sudah Allah takdirkan. Allah berfirman:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الأرْضِ وَلا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22) لِكَيْ لَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23

Artinya: Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Kemudian penyebab musibah terjadi dimana-mana adalah karena dosa dan maksiat manusia. Allah berfirman:

Simak:   Ma'rifatullah Jalan Untuk Menyempurnakan Iman Kepada Nya

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

  Artinya: Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

Topics #aqidah #bencana #penyebab musibah #takdir Allah #ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas