Seberapa Penting Patuh Terhadap Pemimpin?

Tanya Jawab Islam Patuh Terhadap Pemimpin

Pertanyaan

Seberapa penting kita patuh kepada pemimpin?

Adanya pemimpin merupakan salah satu nikmat Allah تعالى yang wajib untuk kita syukuri. Jika kita melihat sebuah bus berisi banyak penumpang. Maka adanya sopir sangat bermanfaat bagi mereka. Sehingga mereka bisa sampai di tujuan dengan selamat dan dalam keadaan aman. Dan ada beberapa dari pencari ilmu yang sering sekali ia dengar bahwa seorang muslim wajib untuk patuh kepada pemimpinnya. Hingga dia pun bertanya seberapa penting patuh kepada pemimpin.

Berikut adalah penjelasannya.

Penjelasan

Taat kepada pemimpin memanglah bagian dari ajaran Islam. Sebagaimana tertuang dalam banyak kitab ulama, bahwasanya bab tentang “Mentaati Pemimpin” banyak sekali dibahas oleh para ulama.

Mengapa demikian?

  • Karena perkara ini merupakan poros titik tolak belakang antara maslahat dan mafsadat ummat.

Apabila masyarakat memahami cara bermuamalah terhadap pemimpin secara benar maka mereka bisa menjaga kemaslahatan bangsa. Begitu sebaliknya jika mereka tidak memahami cara bermualah yang benar dan ketika pemimpin dalam keadaan salah, maka masyarakat tidak melakukan langkah-langkah yang benar. Sehingga timbul mafsadat atau kerusakan bagi bangsa.

Seperti halnya terjadi di beberapa negara Islam di Timur Tengah, masyarakat akhirnya mengkudeta pemimpinnya dan karena pemimpin memiliki kuasa atas militer. Menjadikan pemimpin menyerang balik rakyatnya sendiri. Dan darah muslimin ikut tumpah dalam gejolak ini. Padahal darah satu orang muslim adalah mulia di sisi Allah عز وجلا.

  • Pemimpin adalah cerminan dari baik dan buruk rakyat disisinya.

Dan semua perkara tentang kepemimpinan ini dalam banyak kitab titik temunya ialah melihat maslahat secara umum bukan perkara individu. Sebagaimana yang pertama kali diajarkan oleh kaum muslimin ialah “Tata Cara Sholat Wajib” bukan sholat sunnah. Karena perkara sholat wajib lebih memiliki maslahat secara umum jika dibandingkan dengan sholat sunnah.

Simak:   Bolehkah Menyebutkan Kekurangan Fisik Seseorang ?

Begitu pula dengan pemimpin, maka masyarakat kaum muslimin harus paham cara bermuamalah dengan pemimpin. Apalagi ketika pemimpinnya yang buruk, maka jangan sampai salah dalam bermuamalah dengannya.

Wallahu Ta’la A’lam

Simak jawaban selengkapnya di tautan video berikut.

Atau anda ingin mengetahui jawaban lainnya, anda bisa mengunjungi kami di sini.


Dan simak pula kajian secara live terkait “Pemimpin dan Cara Bermualahnya” setiap hari Kamis di Program Acara Kajian Siang hanya di Al-Iman TV dan Radio Suara Al-Iman.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan
Previous Post

ADAB KETIKA TERTIMPA MUSIBAH DAN KESEDIHAN4 min read

Next Post
Perintah Birul Walidain

Perintah Untuk Berbakti Kepada Kedua Orangtua4 min read

Related Posts