Semangat Menuntut Ilmu

Semangat Menuntut Ilmu

Segala puji hanyalah milik Allah yang telah memberikan kita kesehatan jasmani maupun rohani, serta memberikan kita taufiq untuk selalu menambah ilmu agama-Nya dan mengikuti sunnah-sunnah Rasul-Nya Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Ilmu adalah hal yang patut kita perhatikan dalam kehidupan, pasalnya ilmu inilah yang akan membimbing kita dalam semua aspek kehidupan. Tidak diragukan lagi bahwasannya ilmu agamalah yang menjadikan kita menempuh tujuan kehidupan tersebut.

Jejak Sahabat

Kita bisa meniru para sahabat رضوان الله عليهم ketika memperhatikan semangat Nabi Muhammad ﷺ terhadap ilmu dan mereka pun mengikutinya, ini akan menjadikan contoh yang unik dalam menekuni ilmu dan berkorban untuknya.

Sebagai contoh sahabat Abdullah bin Mas’ud رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, ketika membaca firman Allah سبحانه وتعالى :

وَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Katakanlah, “Ya Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu”. (Taha: 114)

Maka dia berdoa,

اَللَّهُمَّ زِدْنِيْ إِيْمَاناً وَفِقْهاً وَيَقِيْناً وَعِلْماً

“Ya Allah, berilah aku tambahan iman, pemahaman, keyakinan dan ilmu.” (Majma’ az-Zawaid, 10/188)

Mayoritas manusia mengetahui bahwa kedudukan ilmu sangat tinggi dan mulia, begitu juga orang yang memilikinya. Semua itu akan bertambah sesuai kebesaran ilmu dan keluasan pengetahuan tentangnya, serta pengaruh ilmu tersebut terhadap pemiliknya.

Ibnul Qoyyim رَحِمَهُ اللهُ mengatakan,

“Kerinduan penuntut ilmu terhadap ilmu itu lebih besar daripada kerinduan seseorang terhadap kekasihnya. Kebanyakan mereka tidak terpesona dengan keelokan fisik manusia.”

Beliau juga berkata,

“Seandainya ilmu itu bisa digambarkan, tentu ia lebih indah daripada matahari dan rembulan”

Masih banyak lagi perkataan-perkataan para sahabat dan ulama lainnya yang memotivasi kita untuk menuntut ilmu Agama ini. Seperti perkataan penulis buku Al-Musyawwiq Ila’ Al-Qira’ah Wa Thalab Al-’Ilm dan Alhamdulillah sudah ada buku terjemahannya dengan judul “Gila Baca Ala Ulama”, yaitu syaikh Ali bin Muhammad Al’Imran ketika beliau menyebutkan motivasi untuk menulis buku ini.

Simak:   Pentingnya Belajar Ilmu Aqidah Bagian 1

Beliau berkata,

“Motivasi untuk menulis buku ini adalah untuk membangkitkan semangat, mengasah pikiran, dan membuka cakrawala para penuntut ilmu mengenai kehidupan para ulama dan imam generasi salafush shalih, tentang kesabaran dan keseriusan mereka dalam mendapatkan ilmu dan mengajarkannya.”

Tidak diragukan lagi bahwa pengaruh dari contoh-contoh kehidupan para ulama adalah membangkitkan dan membangut semangat. Terbukti dengan adanya manfaat yang nyata saat mengetahui metode mereka dalam membaca dan menelaah.

Semoga kita bisa menekuni jejak para sahabat dan ulama untuk selalu menuntut ilmu agama dan membangkitkan cita-cita yang lesu serta mengobarkan api semangat yang telah redup.

والله أعلم وأحكم


Referensi: Gila Baca Ala Ulama karya Syaikh Ali bin Muhammad Al’Imran

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan
Previous Post
Niat dan Kedudukannya

Niat dan Kedudukannya

Next Post
Adab Membaca Al-Quran

Adab Membaca Al Qur’an

Related Posts
Motivasi Mendalami Ilmu

Motivasi Mendalami Ilmu

Para nabi hanya mewariskan ilmu. Para ulama lalu mencarinya dan mengikuti jalannya sehingga mereka mendapatkan bagian yang melimpah ruah. Maka sangatlah sia-sia upaya mereka ketika buah yang matang pun tak dipetik.
Baca Selengkapnya
Merdeka Atau Nikmat Syukur

Merdeka Atau Nikmat Syukur

Kemerdekaan tak lain adalah salah satu bentuk kenikmatan yang Allah berikan kepada bangsa Indonesia. Dan sebuah kenikmatan haruslah tersambung dengan rasa syukur. Jangan sampai dengan hadiah kemerdekaan ini kita salah bertindak
Baca Selengkapnya