Tausiyah Singkat bersama Ustadz Mubarak Bamualim Lc. M.H.I dengan tema “Agar Amal Diterima”. Salah satu nikmat terbesar yang diberikan Allah aadalah nikmat hidayah. Nikmat petunjuk mengikuti tuntunan Allah dan Rasul-Nya nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wassalam. Sebagai orang yang beriman tentunya kita berharap agar amal diterima oleh Allah. Untuk itu kita harus mengetahui apa saja syarat atau hal apa saja yang dengannya menjadi sebab diterimanya amal ibadah kita. Yang pertama, agar amal diterima adalah seseorang beramal karena iman kepada Allah. Iman adalah syarat mutlak agar amal diterima. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman.” Hal Ini menunjukkan bahwa iman adalah syarat mutlak agar amal diterima. Oleh karena itu orang-orang yang tidak beriman amal mereka tertolak.

Kemudian hal kedua agar amal diterima oleh Allah adalah hendaklah kita senantiasa berusaha untuk ikhlas ketika beramal. Karena keikhlasan merupakan inti dan sari dari ajaran agama kita, agar seseorang beribadah ikhlas semata-mata karena Allah. Dan ini diperintahkan Allah dalam Al Qur’an kepada Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam, Allah berfirman:

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya:Katakanlah sesunguhnya shalatku, ibadahku, hidup, dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb semesta alam (QS Al An’am 162)

Oleh karena itu ikhlas adalah syarat yang ter-utama agar amal diterima. Lalu yang ketiga agar amal diterima Allah adalah hendaklah ketika kita beramal mengikuti tuntunan Rasulullah Shalallahu’alaihi wassalam. Karena beliaulah yang diberi hak oleh Allah untuk mengajarkan kepada hamba-hamba Allah bagaimana mereka beribadah kepada Allah. Ibadah bukan mengikuti keinginan kita, ibadah bukan mengikuti naluri kita. Akan tetapi ibadah adalah mengikuti contoh dan teladan yang diberikan Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam. Kemudian apa lagi syarat agar amal diterima? Simak tausiyah singkat ini selengkapnya.

Simak:   Riyadush Shalihin: Pola Hidup Zuhud

Simak pula Tausiyah Singkat: Merenungi Tanda Kekuasaan Allah, Wasiat Nabi

Topics #ikhlas #iman #kajian aqidah #syarat agar ibadah diterima #ustadz Mubarak Bamualim