BerandaBerita Al-ImanHasil Putusan ICJ Terhadap Kasus Genosida Israel di Gaza

Hasil Putusan ICJ Terhadap Kasus Genosida Israel di Gaza

Mahkamah Internasional (ICJ) memutuskan Israel harus mencegah aksi genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Hal itu disampaikan dalam sidang putusan gugatan kasus genosida yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina, Jum’at (26/01/2024).

Dilansir dari Antara, Ketua Mahkamah Joan Donoghue mengatakan pengadilan sangat khawatir dengan hilangnya nyawa di Jalur Gaza akibat serangan militer Israel yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

Meski pengadilan mahkamah internasional itu tidak memerintahkan gencatan senjata, namun ICJ mengabulkan sejumlah langkah darurat yang diminta Afrika Selatan seraya mengadili kasus yang menuding Israel melakukan genosida.

Reuters melaporkan pengadilan tidak memutuskan inti dari kasus yang diajukan Afrika Selatan, apakah genosida telah terjadi di Gaza. Namun ICJ mengakui hak warga negara Palestina untuk dilindungi dari aksi genosida.

Afrika Selatan meminta Mahkamah Internasional agar agresi militer Israel yang masih berlangsung dan telah menewaskan lebih dari 25.000 warga Palestina dapat segera dihentikan, namun pengadilan tidak mengabulkan permohonan tersebut.

Hasil Putusan ICJ atas Kasus Genosida di Gaza

Berdasarkan sidang International Court of Justice (ICJ) yang dikutip tirto, ada beberapa putusan yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  1. Israel harus mengambil semua langkah untuk mencegah tindakan apa pun yang dapat dianggap sebagai genosida, termasuk membunuh anggota suatu kelompok, menyebabkan kerusakan fisik, menimbulkan kondisi yang dirancang untuk membawa kehancuran suatu kelompok, hingga mencegah kelahiran.
  2. Israel harus memastikan bahwa militernya tidak melakukan tindakan genosida apapun.
  3. Israel harus mencegah dan mengambil tindakan kepada setiap komentar publik yang dapat dianggap sebagai hasutan untuk melakukan genosida di Gaza.
  4. Israel harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan akses kemanusiaan.
  5. Israel harus mencegah penghancuran barang bukti yang dapat digunakan dalam kasus genosida.
  6. Israel harus menyerahkan laporan kepada pengadilan dalam waktu satu bulan sejak perintah ini diberikan.

Baca juga : Agresi Israel Akibatkan Sekitar 1000 Masjid Hancur di Gaza

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img