BerandaBerita Al-ImanSekitar 10.000 Orang di Gaza Alami Disabilitas Akibat Agresi Israel

Sekitar 10.000 Orang di Gaza Alami Disabilitas Akibat Agresi Israel

Sektor Rehabilitasi Jaringan Palestina memperkirakan sekitar 10.000 orang menderita berbagai macam disabilitas seiring agresi Israel yang keji dan masih berlangsung di Jalur Gaza.

Menurut pernyataan yang dirilis pada Sabtu (29/06/2024), ratusan penyandang disabilitas terbunuh dan ribuan orang lainnya terluka akibat serangan yang gencar dilakukan pasukan Israel.

Krisis di Gaza memaksa puluhan ribu penyandang disabilitas mengungsi serta mengalami trauma psikologis yang parah.

Sekitar 10.000 Orang di Gaza Alami Disabilitas Akibat Agresi Israel

Menurut pernyataan yang dilansir WAFA oleh Antara, aksi Israel termasuk penghancuran infrastruktur, jalan utama, dan pusat rehabilitasi, sangat membatasi mobilitas dan akses layanan kesehatan.

Nyawa para penyandang disabilitas juga terancam akibat krisis air, makanan, energi, obat-obatan, serta layanan medis dan rehabilitasi ditengah blokade Israel di jalur perbatasan.

Pernyataan tersebut mengungkapkan tempat pengungsian yang penuh sesak dan minim fasilitas dasar, memperburuk perjuangan mereka untuk mengakses bantuan kemanusiaan, fasilitas sanitasi, juga kebutuhan penting lainnya.

Sekitar 10.000 Orang di Gaza Alami Disabilitas Akibat Agresi Israel

Korban bukan hanya disabilitas

Otoritas kesehatan Palestina menyatakan warga yang tewas akibat serangan Israel yang masih berlangsung di Jalur Gaza terus meningkat menjadi 37.877 orang dan korban luka-luka menjadi 86.969 orang sejak konflik Palestina-Israel pada Oktober 2023.

Jumlah itu diperkirakan terus bertambah karena banyak jasad korban di bawah reruntuhan dan di jalan-jalan yang belum bisa dievakuasi.

Otoritas kesehatan dalam pernyataannya juga memperingatkan, rumah sakit, pusat kesehatan, dan stasiun oksigen yang tersisa di Jalur Gaza akan berhenti beroperasi dalam waktu 48 jam karena habisnya ketersediaan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalankan generator.

Baca juga: Insiden Kekerasan Terhadap Muslim Meningkat Sejak Konflik Gaza

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img