BerandaBerita Al-ImanPBB: Belum Ada Konvoi Bantuan di Gaza Utara Sejak 23 Januari

PBB: Belum Ada Konvoi Bantuan di Gaza Utara Sejak 23 Januari

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut bahwa sejak 23 Januari lalu, tidak ada satupun konvoi bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza Utara.

Kolega Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengingatkan situasi kemanusiaan yang mengerikan seiring tidak adanya konvoi kemanusiaan yang tiba di wilayah kantong tersebut.

“Seperti yang anda dengar kemarin dari komisaris jenderal (Philippe Lazzarini), terjadi penurunan signifikan dalam jumlah penyaluran bantuan ke Jalur Gaza,” kata Sekertaris Jenderal PBB Antinio Guterres, Stephane Dujarric saat konfrensi pers pada Selasa (27/02/2024).

Dilansir dari Antara, Dujjaric mengatakan UNRWA memiliki persediaan makanan di perbatasan dengan gaza yang dapat memenuhi kebutuhan hingga 2,2 juta orang di seluruh Jalur Gaza.

“Hampir 1.000 truk pengangkut 15.000 ton makanan yang ada di Mesir siap berangkat,” imbuhnya.

Pihaknya juga menekankan perlunya penambahan titik masuk bantuan dan rute aman ke Gaza.

Belum Ada Konvoi Bantuan di Gaza Utara

Awal Krisis Bantuan

Perlu diketahui, Israel meluncurkan serangan mematikan di Gaza menyusul serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Serangan itu telah menewaskan hampir 30.000 orang dan menyebabkan kehancuran massal serta krisis bahan pokok, sementara hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas.

Perang Israel memaksa 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kondisi krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan, dengan 60 persen infrastruktur di wilayah kantong itu rusak atau hancur.

Putusan ICJ pada Januari 2024 memerintahkan Tel Aviv menghentikan aksi genosida dan mengambil tindakan guna memastikan bantuan kemanusiaan sampai kepada warga sipil di Gaza.

Baca juga: Hasil Putusan ICJ Terhadap Kasus Genosida Israel di Gaza

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img