BerandaBerita Al-ImanBMKG: Udara Panas yang Melanda Indonesia Bukan Heatwave

BMKG: Udara Panas yang Melanda Indonesia Bukan Heatwave

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir bukan tergolong gelombang panas atau heatwave.

“Jika ditinjau secara karakteristik fenomena, maupun secara indikator statistik pengamatan suhu kita tidak termasuk ke dalam kategori heatwave, karena tidak memenuhi persyaratan sebagai gelombang panas,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dilansir dari Antara, Kamis (02/05/2024).

Berdasarkan data rekapitulasi meteorologi BMKG selama 24 jam terakhir, suhu sebagian besar wilayah Indonesia mengalami peningkatan lima derajat di atas suhu rata-rata maksimum harian, dan sudah bertahan sekitar lebih dari lima hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir bukan tergolong gelombang panas atau heatwave

Peningkatan suhu itu teramati melanda mulai dari Jayapura, Papua (35,6 celcius), Surabaya, Jawa Timur (35,4 celcius), Palangka Raya, Kalimantan Tengah (35,3 celcius, Pekanbaru-Melawi, Kalimantan Barat-Sabang, Aceh dan DKI Jakarta (34,4 celcius).

BMKG menilai meski silkus ini biasa terjadi setiap tahunnya, namun tidak sama dengan yang dialami sejumlah negara Asia lain seperti Myanmar, Thailand, India, Bangladesh, Nepal dan China.

“Secara karakteristik suhu panas terik harian yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat adanya gerak semu matahari,” ujarnya.

Pihaknya merekomendasikan untuk meminimalisir waktu di bawah paparan matahari antara pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB dan menggunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap dua jam untuk melindungi kulit.

Baca juga: Pemkot Surabaya Akan Rekrut 2.789 Formasi CASN 2024

Baca juga: Dispendik Surabaya Perketat PPDB Gunakan Data Kependudukan

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img