BerandaBerita Al-ImanBPJPH Buka Satu Juta Sertifikasi Halal Gratis Untuk UMK 2024

BPJPH Buka Satu Juta Sertifikasi Halal Gratis Untuk UMK 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka Sertifikasi Halal Gratis untuk satu juta pelaku Usaha Mikro dan Kecil.

“Kemarin saat Rakernas di Semarang, saat harus ada sorongan program, saya menyampaikan kepada Gus Men (Menag Yaqut) bahwa BPJPH akan kembali membuka Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati untuk satu juta kuota bagi pelaku UMKM,” kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham di Jakarta, Kamis (08/2/2024).

Dilansir dari laman resmi Kemenag, Aqil mengatakan program ini bentuk keberpihakan Pemerintah kepada para pelaku UMK sebagaimana amanat undang-undang.

“Program ini juga masuk dalam Pakta Integritas yang saya tandatangani di hadapan Menag” Ujarnya.

Baca juga: Tepat 12 Mei, Jamaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Arab Saudi

Jumlah itu ditopang 62% dari total anggaran BPJPH tahun 2024. Pembiayaan sertifikasi halal juga didukung anggaran fasilitasi sertifikasi halal dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan stakeholder terkait.

“Termasuk dengan dukungan nomenklatur anggaran fasilitasi sertifikat halal dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia melalui terbitnya Permendagri Nomor 15 Tahun 2023, serta dari stakeholder yang lainnya. Diharapkan satu juta kuota sertifikasi halal gratis dapat tercapai kembali,” sambung Aqil.

Sertifikasi Halal Gratis

Selain meneruskan program Sehati, upaya penguatan ekosistem penyelengaraan Jaminan Produk Halal (JPH) juga dilakukan BPJPH dengan memperkuat sinergi kolaborasi baik di dalam maupun luar negeri.

Sementara terkait promosi produk halal ke pasar luar negeri, pihaknya ikut serta dalam event-event internasional yang diharapkan bisa meningkatkan angka kinerja ekspor dan perdagangan produk halal Indonesia ke luar negeri.

“Intinya tahun ini kita akan all out bergerak. Apalagi tahun ini per Oktober 2024, akan mulai diterapkan mandatori halal. Sesuai amanah Menag, kami akan mengawali ini,” tutup Aqil.

Cara mendaftar Sertifikasi Halal Gratis

Pendaftaran Sehati dapat dilakukan secara online dengan cara berikut:

  1. Unduh aplikasi PUSAKA SuperApps di playstore atau appstore
  2. Baca petunjuk pendaftaran sertifikasi halal dalam aplikasi Pusaka SuperApps
  3. Masuk pada menu pendaftaran sertifikasi halal, lalu isi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Baca juga: Fikih Muamalah Jual Beli

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img