BerandaBerita Al-ImanDarurat Pangan di Gaza Utara Capai Kondisi Sangat Kritis

Darurat Pangan di Gaza Utara Capai Kondisi Sangat Kritis

Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNWRA) memperingatkan bahwa kedaruratan pangan di Jalur Gaza Utara telah mencapai kondisi yang sangat kritis akibat pembatasan yang diberlakukan pada pengiriman bantuan kemanusiaan.

Melalui pernyataan pers pada Rabu (21/02/2024), UNRWA mengungkapkan 51 persen dari misi yang direncanakan badan tersebut bersama lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya untuk mengirimkan bantuan dan melakukan penilaian di Gaza Utara tahun ini ditolak oleh pihak berwenang Israel.

Jumlah truk bantuan yang masuk ke Gaza jauh lebih sedikit dari yang ditargetkan sebanyak 500 truk perhari, akibat adanya kesulitan besar dalam pengiriman pasokan melalui perlintasan Kerem Shalom dan Rafah, kata UNRWA dilansir dari Antara.

UNRWA menambahkan bahwa sekitar 400 ribu orang terancam kelaparan di Jalur Gaza Utara, dan menyerukan lembaga-lembaga internasional agar meningkatkan bantuan mereka, terutama ke daerah-daerah di bagian kantong tersebut.

Darurat pangan di Gaza Utara

Sementara itu, kantor media pemerintah yang dikelola Hamas di Gaza mendesak Program Pangan Dunia (WFP) menarik kembali keputusannya untuk menangguhkan pengiriman bantuan makanan di Jalur Gaza.

Keputusan itu menurut kantor media tersebut sama saja dengan “menjatuhkan hukuman mati kepada 75 persen dari 1 juta orang warga Gaza dan semakin memperburuk situasi kemanusiaan secara signifikan”.

Pernyataan WFP terkait Gaza Utara

Sebelumnya, WFP menyatakan “menghentikan sementara pengiriman bantuan makanan yang menyelamatkan nyawa ke Gaza utara hingga kondisi benar-benar aman bagi para staf kami dan orang-orang yang kami coba jangkau,” dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X pada Selasa.

Organisasi itu mengatakan keputusan tersebut tidak bisa dianggap remeh karena keselamatan dan keamanan pengiriman bantuan, serta orang-orang yang menerimanya sangat penting dipastikan aman.

Baca juga: Meraih Kembali Kemuliaan yang Hilang

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img