BerandaBerita Al-ImanIndonesia Kecam Keras Blokade dan Perusakan Bantuan Kemanusiaan Gaza

Indonesia Kecam Keras Blokade dan Perusakan Bantuan Kemanusiaan Gaza

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengecam keras blokade dan perusakan bantuan kemanusiaan dari masyarakat internasional, termasuk Indonesia untuk masyarakat Palestina di Jalur Gaza yang dilakukan oleh Israel.

“Indonesia mengutuk keras blokade dan perusakan yang dilakukan warga sipil Israel terhadap bantuan kemanusiaan dari masyarakat internasional bagi warga Gaza,” kata Kemlu RI dalam pernyataannya di media sosial X, Kamis (16/05/2024).

Kemlu RI menyatakan leluasanya ekstremis Israel memblokade dan menghancurkan bantuan kemanusiaan mencerminkan posisi Israel yang tidak menghendaki masuknya bantuan ke Jalur Gaza dengan menghalang-halangi penyalurannya.

“Tindakan tersebut seharusnya ditindak secara tegas dan dipastikan tidak terulang lagi,” demikian pernyataan Kemlu RI yang dilansir Antara.

Indonesia kutuk keras blokade dan perusakan bantuan kemanusiaan Gaza

Pihaknya mendesak Dewan Keamanan PBB menuntut jaminan dari Israel bagi kelancaran pengantaran bantuan ke Jalur Gaza, guna mencegah semakin memburuknya bencana kemanusiaan akibat agresi Israel yang tak kunjung berhenti.

Kelompok ekstremis sayap kanan Israel kembali memblokir truk bantuan di persimpangan Tarqumiya dan menghancurkan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan warga Palestina.

Baca juga: Sistem Kesehatan di Gaza Terancam Kolaps Dalam Hitungan Jam

Tangkapan layar ekstremis Israel merusak bantuan kemanusiaan Gaza.

Dalam video yang beredar di media sosial, para ekstremis terlihat melempar dan menginjak satu per satu kardus dan kemasan bantuan makanan dari truk yang mereka tahan, termasuk produk mie instan asal Indonesia.

Sejak 7 Oktober 2023, agresi Israel telah menewaskan lebih dari 35.100 warga sipil yang sebagian besar merupakan wanita dan anak-anak.

Meski mendapat tekanan internasional, pemerintah Israel sangat membatasi masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza, sehingga membuat seluruh warga Palestina terancam kelaparan akut.

Baca juga: 10.000 Lebih Jasad Warga Gaza Hilang Tertimbun Reruntuhan Bangunan

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img