BerandaBerita Al-ImanOtoritas: Sistem Kesehatan di Gaza Terancam Kolaps Dalam Hitungan Jam

Otoritas: Sistem Kesehatan di Gaza Terancam Kolaps Dalam Hitungan Jam

Otoritas Kesehatan yang dikelola Hamas memperingatkan sistem kesehatan di Jalur Gaza terancam kolaps dalam hitungan jam akibat kelangkaan bahan bakar yang parah.

“Akibat kegagalan penyediaan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan generator listrik rumah sakit, ambulans, dan mengangkut karyawan ke tempat kerja mereka, sistem Kesehatan akan kolaps dalam beberapa jam,” kata otoritas kesehatan melalui pernyataan yang dikutip Antara, Senin (13/05/2024).

Kondisi itu diperparah militer Israel yang menutup perlintasan Karem Shalom, yang menjadi titik masuk utama untuk bantuan kemanusiaan ke Gaza, tak lama setelah serangan roket Hamas menewaskan empat tentara Israel pada 5 Mei lalu.

Otoritas: Sistem Kesehatan di Gaza Terancam Kolaps Dalam Hitungan Jam

Sejak konflik Palestina-Israel pecah tujuh bulan lalu, otoritas kesehatan kewalahan menangani tingginya jumlah korban tewas.

Pernyataan itu juga menyebut staf mereka setiap harinya bekerja sepanjang waktu untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Palestina.

Baca juga: 10.000 Lebih Jasad Warga Gaza Hilang Tertimbun Reruntuhan Bangunan

Jumlah Korban di Gaza Terus Bertambah

Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza melonjak menjadi 35.034 orang dan 78.755 orang lainnya terluka.

“Banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan karena tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka,” ungkap pernyataan tersebut.

Sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade yang melumpuhkan makanan, air bersih, serta obat-obatan.

Afrika Selatan pada Jum'at (10/05) meminta ICJ untuk memerintahkan Israel menarik diri dari kota Rafah, tempat lebih dari 1,5 juta pengungsi berlindung, sebagai bagian dari tindakan darurat tambahan di tengah meningkatnya intensitas serangan Israel di wilayah kantong tersebut.

Baca juga: Penggerak-Penggerak Hati

(frd)



ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img