BerandaBerita Al-ImanPenyalahgunaan Visa Haji Akan Ditindak Tegas Arab Saudi

Penyalahgunaan Visa Haji Akan Ditindak Tegas Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi akan menindak tegas bagi siapapun yang menyalahgunakan visa haji, di luar yang diterbitkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk beribadah Haji.

Penegasan itu disampaikan setelah jajaran Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Bin Fawzan Al Rabiah di Jakarta, Selasa (30/04/2024).

“Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia akan melakukan tindakan tegas terhadap siapa pun yang menggunakan visa di luar visa haji resmi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dilansir dari Antara.

Yaqut menyebut pelaksanakan ibadah haji hanya bisa menggunakan visa haji dan undangan haji dari Kerajaan Arab Saudi (mujammalah).

Baca juga: Tepat 12 Mei, Jamaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Arab Saudi

Penyalahgunaan Visa Haji Akan Ditindak tegas Arab Saudi

Sementara visa lain seperti ziarah, ummal (pekerja), dan apapun diluar ketentuan tidak bisa digunakan untuk ibadah haji.

“Visa ziarah, ummal, dan selain itu untuk ibadah haji tidak bisa,” ujarnya.

Ketentuan ini juga menyusul adanya tawaran-tawaran berhaji tanpa antrean di media sosial. Padahal untuk berhaji, khususnya bagi masyarakat Indonesia sudah ada ketetapan yang mengikat.

Senada dengan Menag, Tawfiq Bin Fawzan Al Rabiah menegaskan tidak akan ada yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji tanpa menggunakan visa yang telah diatur dan dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi.

“Sehingga tidak dibolehkan ada yang melaksanakan ibadah haji kecuali menggunakan visa prosedural,” pungkasnya.

Baca juga: Puasa Arafah Ikut Pemerintah Atau Ikut-Ikutan

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img