BerandaBerita Al-ImanStok Beras di Jawa Timur Diklaim Aman Hingga Lebaran

Stok Beras di Jawa Timur Diklaim Aman Hingga Lebaran

Stok beras di Jawa Timur diklaim dalam posisi aman menjelang Bulan Ramadan dan momen Lebaran Idulfitri.

Kepala Bulog Kanwil Jatim, Ermin Tora mengatakan stok beras saat ini mencapai 150 ribu ton. “Kita kuasai ada 150 ribu ton dan akan nambah dalam waktu dekat sekitar 100 ribu ton dan akan ditambah terus,” ungkap Ermin, Kamis (22/02/2024).

Meski stok beras aman, Ermin tidak mengingkari tingginya harga kebutuhan pokok itu.

Baca juga: Tentukan Awal Ramadan 1445 H, Kemenag Pantau Hilal di 134 Lokasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Dydik Rudy Prasetya menyatakan stok beras hingga tiga bulan kedepan masih cukup, meski pada Januari 2024 lalu Jatim mengalami minus konsumsi beras sekitar 192 ribu ton.

“Kita minus 192 ribu ton beras di periode Januari, namun di Februari kita sudah ada panenan yang cukup besar 607 ribu ton setara beras 389 ribu ton,” ujarnya.

Menanggapi meroketnya harga beras, Dydik menyebut adanya sejumlah faktor yaitu kurangnya alokasi pupuk subsidi dari pemerintah, biaya tenaga kerja yang tinggi, dan pengaruh musim kemarau yang mengharuskan petani mencari pasokan air melalui pompa.

Stok Beras Diklaim Aman

Upaya Stabilkan Harga dan Stok Beras

Bulog mulai berupaya menstabilkan harga beras setelah gelaran Pemilu 2024 dengan dua strategi.

Strategi pertama yang diterapkan Bulog Jatim dengan memperluas titik pelayanan guna menyalurkan beras, stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) di sejumlah besar pasar tradisional di kabupaten/kota seluruh Jawa Timur.

“Kita kerjasama juga dengan pemda untuk di pasar tradisional kita buka kios Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan alhamdulillah setiap kota/kabupaten membuka kios TPID,” kata Ermin yang dikutip dari Suara Surabaya.

Lalu strategi kedua, mendistribusikan beras ke rumah pangan di masyarakat serta menyalurkan beras SPHP ke sejumlah ritel modern.

“Dengan banyaknya titik ini, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan beras,” tutupnya.

Baca juga: 4 Tingkat Beriman Kepada Qadar

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img