BerandaBerita Al-ImanDispendik Surabaya Akan Larang Study Tour ke Luar Kota

Dispendik Surabaya Akan Larang Study Tour ke Luar Kota

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya akan melarang sekolah melakukan wisata ke luar kota, guna mencegah insiden study tour pelajar yang memakan korban di Ciater, Subang, Jawa Barat terulang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan banyak ide kegiatan menghabiskan masa akhir sekolah yang bisa ditanamkan oleh guru ke siswa selain berlibur ke luar kota.

“Soalnya kalau pertimbangan, yang pertama cuaca ini kan ekstrem. Kedua, kalau namanya liburan semua berbondong-bondong pergi. Nah berbondong-bondong pergi itu transportasinya jadi perhitungan. Kita kan tidak tahu sehari berapa kali moda transportasi ini jalan.” Kata Yusuf dilansir dari Suara Surabaya.

Baca juga: Indonesia Kecam Keras Blokade dan Perusakan Bantuan Kemanusiaan Gaza

Menurutnya, merayakan perpisahan sekolah tidak harus wisata keluar kota, namun bisa dilakukan di dalam kota.

“Misal anak-anak wisata ke Mangrove, kan banyak spot-spot wisata kita,” imbuhnya.

Larangan itu akan tertulis dalam Surat Edaran (SE) seperti yang disampaikan rutin ke SD maupun SMP setiap tahunnya.

Dispendik Surabaya Akan Larang Study Tour ke Luar Kota

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan Pemkot Surabaya sudah melarang study tour digelar sekolah di Surabaya, bersamaan dengan wisuda sekolah yang memberatkan siswa atau wali murid.

Ket biyen Suroboyo nggak oleh (dari dulu Surabaya tidak boleh). Kalau kami sudah arahkan nggak ada wisuda kalau bayar, kecuali komite. Sama dengan study tour. Arek-arek kudu hati-hati,” ujar Eri dilansir dari Detik.

Insiden Study Tour

Sebelumnya, bus pariwisata yang ditumpangi rombongan pelajar dari SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/05/2024) petang.

Kecelakaan itu mengakibatkan 11 orang meninggal dunia, dengan rincian korban sembilan siswa, satu guru, dan seorang pengendara motor yang merupakan warga Subang.

Baca juga: Belajar dari Hujan

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img