BerandaBerita Al-ImanJelang Idul Adha, Pemkab Bangkalan Minta Tambahan 10 Ribu Vaksin

Jelang Idul Adha, Pemkab Bangkalan Minta Tambahan 10 Ribu Vaksin

Pemerintah Kabupaten Bangkalan meminta tambahan sebanyak 10.000 dosis vaksin kepada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur jelang momen Idul Adha.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Peternakan Pemkab Bangkalan, Ali Makki mengatakan permintaan vaksin diajukan seiring dengan banyaknya sapi dari wilayah itu yang dikirim ke luar Pulau Madura.

“Ini penting kami lakukan, karena selain sebagai upaya antisipasi, juga mengikuti aturan yang berlaku, yakni semua sapi yang hendak ke luar Madura harus di vaksin,” kata Ali dilansir dari Antara.

Baca juga: Serba-Serbi Qurban

Jelang Idul Adha, Pemkab Bangkalan Minta Tambahan 10.000 Vaksin

Berdasarkan data Pemkab Bangkalan, sejak Januari 2024 hingga 15 Mei 2024 jumlah vaksin yang diterima sebanyak 131.275 dosis, sedangkan sapi milik warga yang telah divaksin sebanyak 126.243 ekor. Sehingga vaksin yang masih tersisa ada 5.032 dosis.

“Jumlah vaksin yang belum terpakai ini tentu tidak akan cukup, mengingat kebiasaan pada tahun-tahun sebelumnya jumlah sapi yang keluar Bangkalan juga tidak sedikit,” imbuhnya.

Selain vaksin, pihaknya telah membentuk tim pemantau khusus yang terdiri dari dokter hewan, mantri dan penyuluh peternakan guna mengawasi hewan yang hendak dikurbankan.

“Tim ini kami gerakkan dan mereka proaktif mendatangi pasar hewan dan menyampaikan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat,” pungkasnya.

Baca juga: Dispensik Surabaya Akan Larang Study Tour ke Luar Kota

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img