BerandaBerita Al-ImanPPIH Surabaya Rampungkan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji

PPIH Surabaya Rampungkan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji

Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Embarkasi Surabaya merampungkan pemberangkatan jamaah calon haji tahun 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi, usai memberangkatkan Kelompok Terbang (Kloter) 106 pada Senin petang, (10/06/2024).

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Mufi Imron Rosyadi mengatakan kloter terakhir yang diberangkatkan merupakan jamaah gabungan dari Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo, Gresik, dan Kota Surabaya.

“Seluruhnya dari Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 39.322 calon haji, sesuai kuota yang ditetapkan tahun 2024,” kata Mufi dilansir Antara.

Berdasarkan data PPIH, sejak proses keberangkatan di Asrama Haji Emberkasi Surabaya 12 Mei lalu hingga hari ini, terdata sebanyak 15 calon haji digantikan oleh jamaah dari daftar cadangan karena sakit tak kunjung sembuh.

PPIH Surabaya Rampungkan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji

Sementara tiga calon haji meninggal dunia di Embarkasi Surabaya menjelang keberangkatan, dan sembilan calon haji dari Embarkasi Surabaya meninggal dunia di Tanah Suci.

“Jadi terpenuhi kuotanya. Posisi jamaah kita begitu ada yang pulang atau sakit dan dirawat diganti dengan jamaah di daftar cadangan berdasarkan urutan berikutnya,” imbuhnya.

Pihaknya mengimbau jamaah untuk menjaga kesehatan, membawa persediaan air, tidak terlambat makan, dan menggunakan alas kaki menginat kondisi cuaca Arab Saudi yang sangat panas.

Rosidi Roslan, Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Surabaya juga menyarankan agar jamaah tidak memforsir tenaganya selama berada di Tanah Suci.

“Kalau kita tahu ibadah haji itu kan wukuf di Arafah. Jadi jangan sebelum sampai di Arafah sudah habis tenaganya. Jadi jaga kondisi, tenaganya jangan diforsir, agar kemudian pada waktu di Arafah dia bisa beribadah,” ujarnya.

Baca juga: Haji & Umroh (Bagian 3)

(frd)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img