BerandaAqidah dan ManhajUrgensi Dari Aqidah As-Shahihah

Urgensi Dari Aqidah As-Shahihah

Pembahasan kali ini adalah lanjutan dari artikel yang sebelumnya yaitu Menyelami Arti Aqidah as-Shahihah dan Dalilnya, selanjutnya penting dibahas juga berkaitan dengan Urgensi Aqidah As-Shahihah.

Aqidah As-Shahihah memiliki urgensi yang sangat besar dalam islam yang hendaknya seorang muslim mengetahuinya, berikut ini kami paparkan penjelasannya:

Pertama: Aqidah as-Shahihah adalah Asas diterimananya Amal Shaleh di sisi Allah

Ketauhilah wahai saudaraku, dengannya dapat terwujud keselamat di akhirat dan kemenangan di Surga setelah rahmat Allah.

Allah berfirman :

فَمَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ رَبِّه فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَّلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّه اَحَدا

Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (QS. Al-Kahf: 110)

Allah subhanahu wata'ala juga berfirman:

وَعَدَ اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍ ۗوَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ


“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. At-Taubah: 72)

Sebaliknya, amalan tidak akan diterima di sisi Allah jika pelakunya memiliki aqidah yang rusak, yang menyebabkan kerugian akan menimpanya pada hari Akhir.

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

 وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُه ۖوَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi”. (QS. Al-Maidah: 5)

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

وَلَقَدْ اُوْحِيَ اِلَيْكَ وَاِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ لَىِٕنْ اَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Sungguh, jika engkau mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi.” (QS. Az-Zumar: 65)

Makna dari kalimat حَبِطَ عَمَلُهٗ ۖ pada ayat pertama dan لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ pada ayat kedua yaitu batalnya amal tersebut dan hilangnya ganjarannya, maka tidak ada timbangan (kebaikan) baginya di sisi Allah, sehingga pelakunya menjadi orang yang merugi tak dapat memetik hasil keuntungan dari amalnya pada hari kiamat.

Aqidah As-Shahihah

Kedua, Aqidah yang benar adalah Dakwah utama para Rasul

tidaklah ada seorang rasul yang Allah utus kepada kaumnya melainkan ia menyeru mereka pertama kali kepada aqidah yang benar ini, mereka sangat memperhatikan dan mementingkannya. Allah berfirman :

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِيْ كُلِّ اُمَّةٍ رَّسُوْلًا اَنِ اعْبُدُوا اللّٰهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوْتَ

Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut”, (QS. An-Nahl: 36)

Taghut adalah setiap apa yang diibadahi selain Allah dan ia meridhai peribadahan tersebut.

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا نُوْحِيْٓ اِلَيْهِ اَنَّه لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدُوْنِ
Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku. (QS. Al-Anbiya': 25)

Ketiga, Aqidah As-Shahihah sesuatu yang urgen Bagi Manusia

Perkara ini sangat dibutuhkan oleh setiap manusia atau kata lain urgennya melebihi kebutuhan seseorang kepada udara dan Air, karena jika tanpa aqidah yang benar seseorang tidak dapat menjawab dengan jawaban yang benar terhadap pertanyaan besar bagi tiap manusia :

Aku berasal darimana? Kenapa aku diciptakan? Kemana aku akan pergi setelah kematian? Lalu bagaimana hasil yang kudapatkan?

Sebagaimana yang kita saksikan saat ini dari keburukan dan kesengsaraan, tersebarnya penyakit jiwa, banyaknya orang bunuh diri, sampaipun di negera yang kaya-raya modern nan maju sebabnya adalah jauhnya mereka dari aqidah yang benar.

Sesungguhnya aqidah yang benarlah yang dapat menjawab pertanyaan agung tersebut dan pertanyaan lain yang manusia kebingungan menjawabnya dengan jawaban yang benar dan penuh kejujuruan, karena dengan aqidah yang benar menjadikan hati seorang yakin, tenang, aman, dan penuh kepercayaan.

Keempat, Aqidah As-Shahihah adalah sebab mendapatkan keamanan, petunjuk, baik di dunia ataupun di akhirat

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يَلْبِسُوْٓا اِيْمَانَهُمْ بِظُلْمٍ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمُ الْاَمْنُ وَهُمْ مُّهْتَدُوْنَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (QS. Al-An'am: 82)

Oleh karenanya tidaklah kita saksikan pada hari ini rusaknya keamanan, tersebarnya kejelekan dan kerusakan fitnah serta pembunuhan di negeri-negeri Islam secara umum, ataupun Negara-negara Arab khususnya adalah hasil dari lemahnya aqidah yang benar pada diri-diri manusia, ataupula banyak dilakukannya pembatal dan lawan dari aqidah yang benar baik berupa perkataan ataupun amalan.

Kelima, Aqidah yang benar adalah sebab dibukanya keberkahan dari langit dan bumi

Allah berfirman :

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْض

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi”. (QS. Al-A’raf: 96)

Demikian beberapa Urgensi dari Aqidah as-Shahihah, insya Allah akan kita lanjutkan berkaitan dengan Aqidah pada artikel berikutnya.

Diterjemakan dari Muqoror Aqidah Jilid 1 Zad Academy, Urgensi Aqidah As-Shahihah oleh Ustadz Catur Baro Hapsako, S.Pd.I. Penerbit Obiekan Publishing.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img