BerandaTanya UstadzMembatalkan puasa saat safar

Membatalkan puasa saat safar

Pertanyaan: “Apakah boleh membatalkan puasa saat safar, jika tidak kuat untuk perpuasa?”

Jawaban:

Dalam masalah diperbolehkannya seorang musafir untuk tidak puasa ini ada beberapa pendapat di kalangan ulama. Sebagian ulama mensyaratkan bagi seorang musafir yang ingin tidak puasa saat Ramadan ini safarnya harus sebelum subuh. Sebagian ulama ada yang beberapa seperti itu tapi pendapat yang Insyaallah lebih tepat dan saya pribadi cenderung kepada pendapat ini, tidak disyaratkan musafir harus safarnya sebelum subuh. Boleh bagi dia Safar kapanpun bahkan setelah fajar tiba atau di siang hari, namun dia tetap harus puasa syaratnya itu. Syaratnya dia harus dari malam niat kemudian juga usahakan juga sahur, intinya dia harus tetap puasa dulu, nanti kalau sudah melewati batas kotanya maka diperbolehkan membatalkan puasanya.

tidak puasa saat safar

Misalnya seorang mau Safar ke Solo dari Surabaya, Maka jangan sampai ketika masih di Surabaya terus dia batalkan puasanya. karena ada kemungkinan ternyata dia tidak jadi safar atau sebelum keluar dari kotanya Qodarullah ada sesuatu akhirnya tidak jadi safar, itu akan menjadi masalah. Sudah batal puasanya dan tidak jadi safar pula.

Maka kata para ulama dijelaskan seseorang musafir apabila ingin membatalkan puasanya disebabkan karena safar, maka dia harus menunggu sampai melewati batas kotanya. Misalnya dari Surabaya, mungkin ketika masuk Mojokerto misalnya, sudah keluar dari batas kotanya maka dia diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan tidak disyaratkan harus capek. Tidak disarankan harus letih, karena alasan boleh tidak puasanya itu adalah safar, Bukan kesulitan seperti itu. Sama seperti qasar, itu alasannya adalah safar. Jadi tidak harus orang yang mau mengqasar shalat harus orang yang mesti repot ketika safarnya.

Selengkapnya: https://www.youtube.com/watch?v=JcPtpdZUaj8

Baca Juga: Cara Shalat Ketika Safar

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img