BerandaNasehatTernyata, Penghuni Surga Langsung Mengetahui Tempat Tinggalnya Tatkala Masuk Ke Dalam Surga

Ternyata, Penghuni Surga Langsung Mengetahui Tempat Tinggalnya Tatkala Masuk Ke Dalam Surga

Kenikmatan Sempurna Penghuni Surga

Salah satu kesempurnaan nikmat yang Allah azza wajalla berikan bagi para penghuni surga yaitu ketika mereka melangkahkan kakinya memasuki surga, maka ketika itu pula dia langsung mengetahui dimana letak tempat tinggalnya. Allah memberikan pengetahuan baginya sehingga dia tidak akan tersesat atau bertanya-tanya mencari tempat tinggalnya, Allah berfirman:

(6) وَٱلَّذِينَ قُتِلُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ فَلَن يُضِلَّ أَعۡمَٰلَهُمۡ(4) سَيَهۡدِيهِمۡ وَيُصۡلِحُ بَالَهُمۡ (5) وَيُدۡخِلُهُمُ ٱلۡجَنَّةَ عَرَّفَهَا لَهُمۡ ..

“…Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, maka Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka. Allah akan memberi petunjuk kepada mereka dan memperbaiki keadaan mereka, dan memasukkan mereka ke dalam jannah yang telah diperkenankan-Nya kepada mereka”. (QS. Muhammad: 4-6)

Al-Imam Abu al-Fida asy-Syafi'iy menyebutkan di dalam tafsirnya, penafsiran para Imam mufassirin mengenai ayat tersebut, di antaranya Imam Mujahid rahimahullah berkata:

“Para penghuni “jannah” mengetahui dengan pasti dimana letak rumah dan tempat tinggalnya di tempat yang telah Allah tentukan bagi mereka, mereka tidak tersesat atau salah jalan, seakan-akan mereka sudah tinggal di rumah tersebut sejak mereka diciptakan, mereka tidak bertanya mencari jalan kepada siapa pun juga,”

Muhammad bin Ka'ab rahimahullah berkata;

“Para penghuni “jannah” langsung mengetahui tempat tinggal mereka ketika masuk ke dalam surgo, sama seperti ketika kalian berjalan pulang menuju rumah kalian setelah selesai melaksanakan shalat Jum'at.”

Baca Juga : Langkah Membangun Rumah di Surga

Surga dan Penghuninya

Pengetahuan Akan Tempat Tinggalnya

Itulah kenikmatan yang sempurna, ketika mereka masuk ke dalam jannah tidak merasa kebingungan sedikitpun mencari tempat tinggal mereka, tanpa penunjuk jalan, ataupun peta, dan tidak perlu bertanya kepada seorang pun, seakan-akan mereka telah lama tinggal di dalamnya, bahkan mereka lebih hafal kepada rumahnya di surga yang baru memasuki daripada rumahnya di dunia ini yang telah mereka tinggali bertahun-tahun lamanya. Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا خَلَصَ الْمُؤْمِنُوْنَ مِنَ النَّارِ حُبِسُوا بِقَنْطَرَةٍ بَيْنَ الجَنَّةِ وَ النَّارِ فَيَتَقَاصُّوْنَ مَظَالِمَ كَانَتْ بَيْنَهُمْ فِي الدُّنْيَا حَتَّى إِذَا نُقُوا وَ هُذَّبُوا أُذِنَ لَهُمْ بِدُخُولِ الجَنَّةِ فَوَالَّذِي نَفْسِ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَأَحَدُهُمْ بِمَسْكَنِهِ فِي الجَنَّةِ أَدَلُّ مِنْهُ بِمَسْكَنِهِ كَانَ فِي الدُّنْيَا

“Jika orang-orang yang beriman telah selamat dari neraka, mereka ditahan di sebuah jembatan yang terletak di antara surga dan neraka, mereka menyelesaikan urusan-urusan kezhaliman yang pernah terjadi di antara mereka di dunia, hingga apabila mereka telah dibersihkan dan disucikan, maka mereka diizinkan untuk memasuki surga, maka demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggamanNya, sungguh seorang penghuni Surga itu lebih mengetahui tempat tinggalnya di surga daripada tempat tinggalnya dahulu ketika di dunia.” (HR. Bukhari)

Dilansir dari Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyah Vol. 09 No. 11 Th. 1433 H/ 2012 M. Rumah di Surga Oleh Ustadz Askar Wardana, Lc., M.Pd. Terbitan STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya.

Baca Juga Artikel Lainya :

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img