BerandaNasehatLangkah Membangun Rumah di Surga

Langkah Membangun Rumah di Surga

Setiap orang pasti mendambakan untuk memiliki rumah/ tempat tinggal yang indah dan nyaman dalam kehidupan nya, sehingga kita bekerja keras siang dan malam untuk membangun rumah impian kita tersebut. Namun, apakah kita pernah mendambakan sebuah rumah di surga, berdoa memohon kepada Allah, dan melakukan amalan/amalan agar dibangunkan sebuah rumah di dalam surgaNya?

Impian Memiliki Rumah di Surga

Rumah yang kekal abadi dengan berbagai macam kenikmatan dan kesenangan yang menanti di dalamnya, sebagai buah kemenangan yang besar bagi orang-orang yang bersabar dalam ketaatan kepada Allah, itulah rumah di surga yang Allah janjikan untuk orang yang beriman kepada-Nya, Allah subhanahu wata’ala berfirman :

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا وَمَسَٰكِنَ طَيِّبَةٗ فِي جَنَّٰتِ عَدۡنٖۚ وَرِضۡوَٰنٞ مِّنَ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ 

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (QS. at-Taubah: 72)

Rumah di surga dengan berbagai macam kenikmatan dan kebahagiaan di dalamnya, sungguh merupakan sebuah dambaan bagi setiap orang yang di dalam hatinya terdapat cahaya keimanan. Namun bagaimanakah cara agar mampu membangun sebuah rumah di dalam surga yang nanti akan dia huni setelah dia mati?

Rumah di Surga

Langkah Mendapatkan Rumah di Surga

Di dalam al-Qur`an dan as Sunnah telah terdapat jawaban dari pertanyaan tersebut, Allah dan Rasul-Nya telah memberikan petunjuk kepada para hamba-Nya tentang amalan-amalan yang akan diberikan ganjaran berupa rumah di dalam surga. Amalan-amalan tersebut, di antaranya adalah:

  1. Membangun masjid

Dalilnya adalah Hadits:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِيْ بِهِ وَجْهَ اللَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الجَنَّةِ

“Barangsiapa membangun sebuah masjid, mengharap dengannya wajah Allah, maka Allah akan membangun baginya yang semisalnya di dalam surga.” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh al-Albani.)

Baca juga : Cara Mudah Memakmurkan Masjid

  1. Meninggalkan perdebatan
  2. Meninggalkan ucapan dusta
  3. Berakhlak mulia

Dalil dari ketiga amalan tersebut adalah sabda Nabi rasulullah shalallahu’alaihi wasallam:

أنا زعيمٌ ببيتِ في رَبَضِ الجنةِ لمَن تَرَكَ المِراءَ وإنْ كان مُحِقًّا ،وببيتٍ في وسطِ الجنةِ لمَن تركَ الكذبَ وإن كان مازحًا ، وببيتٍ في أَعْلىَ الجنةِ لمَن حَسُنَ خُلُقُه

“Aku menjamin dengan sebuah rumah di pinggiran surga bagi siapa yang meninggalkan perdebatan meskipun dia benar; dan dengan rumah di tengah surga bagi siapa yang meninggalkan kebohongan meskipun hanya untuk bercanda; dan dengan rumah di tempat yang tinggi di dalam surga bagi siapa yang baik akhlaknya.” (HR. Abu Dawud dan dihasankan oleh al-Albani.)

Baca Juga : Berburu Derajat di Surga Terbaik

  1. Menjaga sunnah rawatib 12 rakaat dalam sehari

Keutamaan yang besar ini dijelaskan dalam sebuah Hadits Nabidari Ummu Habibah

 مَنْ صَلىَ في يومٍ وليلةٍ اثْنَتَي عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الجِنَّةِ: أَرْبَعاً قَبْلَ الظُهْرِ، ورَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا، وَرَكْعَتَيْنَ بَعْدَ المَغْرِبِ، ورَكْعَتَيْنِ بَعْدَ العِشَاءِ، ورَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الفجْر”

“Barangsiapa shalat dalam sehari semalam 12 rakaat, maka Allah akan membangun baginya sebuah rumah di surga: 4 rakaat sebelum shalat Dzuhur dan 2 rakaat setelahnya, 2 rakaat setelah shalat Maghrib, 2 rakaat setelah shalat ‘Isya, dan 2 rakaat sebelum shalat Shubuh” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani.)

  1. Menjenguk orang sakit
  2. Mengunjungi saudara atau teman

Kedua amalan ini, yaitu menjenguk orang sakit dan berkunjung ke rumah saudara atau teman kita, adalah amalan yang memiliki banyak sekali keutamaan, dan di antara keutamaan yang paling utama adalah mendapatkan sebuah rumah di surga. Rasulullah bersabda :

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا أَوْ زَارَ أَخًا لَهُ فِي اللَّهِ نَادَاه مُنَادٍ : أَنْ طِبْتَ وَطَابَ مَمْشَاكَ وَتَبَوَّأْتَ مِنْ الجنَّةِ مَنْزِلًا

“Barangsiapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya seiman, maka dia akan diseru oleh seorang penyeru: “Semoga engkau mendapatkan kebaikan, dan perjalananmu pun mendapat kebaikan dan engkau mendapatkan tempat di dalam surga.” (HR. Tirmidzi. dan dihasankan oleh al-Albani.)

Berkata al-Imam Muhammad ‘Ali asy-Syafi’iy dalam kitabnya; Dalil al-Falihin, “Makna dari “Engkau mendapatkan tempat di dalam surga” adalah engkau mendapatkan sebuah rumah di surga yang akan engkau tinggali.”

  1. Membaca Surat al-Ikhlash 10 kali atau lebih

Amalan yang satu ini adalah cukup mudah namun memiliki pahala yang besar di sisi Allah yaitu membaca sebuah Surat yang cukup pendek namun memiliki banyak sekali keutamaan bagi para pemba canya, Surat tersebut adalah mem baca Surat al-Ikhlash sebanyak 10 kali, maka Allah akan membangun baginya rumah di surga, sebagai mana dalam sabda Rasul berikut ini :

مَنْ قَرَأَ (قُلْ هَوَ اللَّهُ أَحَدٌ) حَتَّى يَخْتَمِهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ؛ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا فِي الجنَّةِ

Barangsiapa membaca “Qul Huwallahu ahad” hingga dia menyelesaikannya sepuluh kali, maka Allah akan membangun baginya sebuah istana di surga.” (HR. Ahmad dan dihasankan oleh al-Albani).

  1. Berbicara dengan perkataan yang baik
  2. Memberikan makanan
  3. Berpuasa rutin
  4. Bangun di malam hari melak sanakan untuk shalat malam

Kumpulan amalan tersebut apabila dilakukan dengan penuh keikhlasan, maka Allah akan menganugerahkan kepadanya sebuah kamar yang sangat indah, sebagaimana Rasullullah mengambarkan di dalam sabdanya:

 إنَّ في الجنَّةِ غُرفًا تُرَى ظُهورُها من بطونِها وبطونُها من ظُهورِها، فقامَ أعرابيٌّ فقالَ لمن هيَ يا رسولَ اللَّهِ؟ فقالَلمن أطابَ الكلامَ وأطعمَ الطَّعامَ وأدامَ الصِّيامَ وصلَّى باللَّيلِ والنَّاسُ نيامٌ

“Sungguh di dalam surga terdapat kamar-kamar yang bagian luarnya terlihat dari dalam, dan bagian dalamnya terlihat dari luar,” Maka berdirilah seorang Arab Badui kemudian berkata, “Untuk siapakah kamar-kamar tersebut, wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda, “Kamar tersebut diperuntukkan bagi orang yang berbicara dengan perkataan yang baik, memberi makan, berpuasa rutin, dan shalat di malam hari sedangkan manusia sedang tertidur.” (HR. Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albani.)

  1. Merapatkan dan mengisi celah dalam shaf

Dan di antara amalan-amalan yang ganjarannya adalah rumah di surga, yaitu ketika dalam shalat ber jamaah hendaknya kita merapatkan shaf dan mengisi celah-celah yang ada, sebagaimana dalam sebuah Hadits Nabi bersabda:

مَنْ سَدَّ فُرْجَةً بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الجنَّةِ وَرَفَعَهُ بِهَا دَرَجَةً

“Barangsiapa menutup celah, mako Allah akan membangun baginyo sebuah rumah di surga dan mengangkat dengannya satu derajat.” (HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Awsath dan dishahihkan oleh al-Albani.)

Demikian sedikit gambaran tentang tempat tinggal para penghuni surga dan amalan yang dapat menghantarkan orang yang mengerjakannya untuk dapat memperoleh sebuah rumah di surga. Mudah-mudahan Allah memberikan kita taufiq-Nya agar kita dapat beramal dengan amalan-amalan tersebut dengan ikhlas, untuk pada akhirnya, menikmati sebuah istana di dalam surgaNya.

Dilansir dari Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyah vol. 09 no. 11 tahun 1433 H / 2012 M. Rumah di Surga tulisan Ustadz Askar Wardana, Lc., M.Pd. Penerbit STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img